Selasa, 31 Maret 2015

WDC My Book For Mac, Media Penyimpanan Ekstra Untuk Mac Anda

Meski tidak jauh berbeda dengan WDC My Book Studio, namun terdapat perbedaan yang cukup mencolok pada casing-nya. Jika WDC My Book Studio menggunakan casing metal berlapis aluminium, maka saudara kembarnya ini hanya menggunakan casing yang terbuat dari plastik. Penggunaan material plastik tentunya membuat harga produk ini menjadi lebih ekonomis jika dibanding dengan WDC My Book Studio. Meskipun terlihat biasa-biasa saja, namun produk ini menggunakan sebuah hard disk yang dapat menampung data hingga 3 TB.

Celah-celah pada bodi hard disk eksternal ini memang sengaja dibuat agar hard disk di dalamnya tidak kepanasan meski dioperasikan dalam waktu yang cukup lama. Dengan mengandalkan sebuah hard disk 3,5 inci, Anda harus menggunakan adaptor agar WDC My Book For Mac ini dapat beroperasi. Hadirnya tombol power On/Off pada sisi belakang membuat Anda tidak harus mencabutnya langsung dari adaptor jika ingin mematikannya.

Bagi Anda yang masih setia dengan OS buatan Microsoft, Anda tidak perlu kecil hati. Pasalnya, WDC My Book For Mac ini masih dapat beroperasi pada sistem operasi Windows sekalipun. Meskipun hard disk eksternal ini datang dengan file sistem HSF+ Journaled, namun anda dapat memformatnya menjadi NTFS agar file di dalamnya dapat diakses melalui berbagai macam sistem operasi.

Saat kami mengujinya dengan sistem operasi Mac menggunakan software Blackmagic Disk Speed Test, kecepatan membaca yang diraih sebesar 133,6 Mb/s. Sedangkan untuk kecepatan menulis, hard disk ini dapat berlari hingga 113,8 Mb/s. Ketika pindah menggunakan Windows, dengan software ATTO, write speed yang diperoleh adalah 135,04 Mb/s sedangkan read speed yang didapat adalah 137,76 Mb/s. Sementara skor 1930 untuk secondary storage muncul saat pengujian menggunakan PCMark 7 berakhir. Saat memindahkan file sebesar 1 GB dari PC, hard disk eksternal ini butuh waktu 15 detik. Sebaliknya, dari hard disk eksternal ke PC memakan waktu 10 detik.
Spesifiaksi WDC My Book For Mac
Kaspasitas
3 TB
Interface
USB 3.0
HDD Form Factor
3,5 inch
HDD Rotational Spees
7.200 rpm
HDD Cache
   64 MB
Bobot
   865 gram
Fitur Khusus
   WD Security

Aspek plus dan minus:
(+) Celah-celah pada bodi membuat suhunya tetap sejuk
(+) Terdapat tombol power pada sisi belakang
(+) Tersedia dalam beragam kapasitas, mulai dari 640 GB hingga 3 TB

Kesimpulan:
Dengan desain yang minimalis dan embel-embel Mac, WdC My Book For Mac ini cocok untuk digunakan sebagai media penyimpanan eksternal pada iMac maupun MacBook. Hard disk eksternal ini juga sudah terformat dengan file sistem HSF+ Journaled.



0 komentar :

Posting Komentar