Selasa, 24 Maret 2015

ASRock FM2A85X Extreme4-M, Mobo Mungil Namun Tak Bisa Diremehkan

ASRock kembali menghadirkan jajaran mainboard andalannya untuk AMD soket FM2. Berbeda dengan mainboard FM2 lainnya, ASRock FM2A85X Extreme4-M hadir dengan form factor Micro ATX yang berdimensi 24,4 x 24,4 cm. Tidak hanya dari dimensi, kesan minimalis juga ditunjukkan pada heatsink yang ada di permukaan mainboard. Namun di balik kesan minimalisnya, mainboard ini memiliki performa yang cukup baik berkat chipset kelas atas AMD A85X yang diusungnya.

Nama "Extreme" yang disandangnya menandakan bahwa mainboard ini masuk ke dalam jajaran kelas atas dari produk ASRock. Selain itu, komponen yang solid juga terdapat pada seluruh permukaan mainboard. Dengan komponen solid tersebut, durabilitas komponen mainboard ini lebih baik dibanding dengan komponen biasa.

Pada sisi belakang, mainboard ini menyediakan port PS/2, port RJ-45, eSATA 6 GB/s, empat buah port USB 2.0, serta dua buah port USB 3.0. Meski hanya menyediakan dua buah port USB 3.0, Anda dapat mengoneksikan dua buah port USB 3.0 pada sisi depan casing melalui USB Header. Sedikit berbeda dengan mainboard soket FM2 lainnya, mainboard yang berukuran persegi ini tidak menyediakan DisplayPort. Meskipun DisplayPort tidak tersedia, mainboard ini menyediakan tiga buah port untuk output display, yaitu port HDMI, DVI, serta D-Sub. Dengan tiga buah port output display tersebut, anda masih dapat menikmati fitur AMD Eyefinity pada on-die graphics milik APU.

ASRock FM2A85X Extreme4-M masih menyediakan dua buah slot PCIe 16x 2.0 untuk dukungan terhadap multi GPU. Namun sayangnya, hanya satu buah slot PCIe 16x yang dapat berjalan pada mode 16x, sedangkan sisanya hanya berjalan pada mode 4x. Bagi Anda yang memiliki media penyimpanan cukup banyak, mainboard ini menyediakan tujuh buah port SATA3 dengan bandwidth 6 GB/s. Selain itu, pada paket penjualannya, mainboard ini juga menyertakan empat buah kabel SATA3. Berikut spesifikasi teknisnya:
Data Teknis  Mainboard ASRock FM2A85X Extreme4-M
CPU
AMD soket FM2
Chipset
AMD A85X
Memori
Dual-channel up to 2.600+ MHz (OC)
SATA2/SATA3/eSATA
- / 7 / 1
Port USB 3.0
4 (2+2 via header)
Dukungan Multi-GPU
AMD CrossFireX Technology & AMD Dual Graphics Technology
Fitur Khusus
X-Boost, XFast RAM, XFast LAN, Xfast USB, THX, Internet Flash
Paket Penjualan
I/O Shield, 4 x SATA Cable, Driver Disc, Software Setup Guide, Manual
Harga
N/A

Aspek plus & minus:
(+) Memiliki performa dan stabilitas yang cukup baik
(+) Menggunakan PCB yang cukup tebal sehingga lebih kokoh
(-) Tidak menyertakan DisplayPort untuk output display



0 komentar :

Posting Komentar