Jumat, 06 Maret 2015

Monitor Asus PB278Q, Support Hingga Resolusi 2560 x 1440 Pixel

Panel IPS selama ini cukup menguasai pasar LCD dan LED monitor yang diluncurkan oleh berbagai merek. Mengambil jalan yang berbeda, ASUS merilis produk LED monitor dengan panel PLS (Plane-Line switching). Panel PLS sendiri diluncurkan oleh Samsung sebagai alternatif pilihan dari panel IPS yang diluncurkan LG dengan karakteristik serupa.

Produk monitor LED dari ASUS ini bernama ASUS PB278Q. Mengintip dari penampilannya, bisa dipastikan produk ini dititahkan untuk bersaing di segmen enthusiast. Modal utamanya adalah dimensi layar yang lebar berukuran 27 inci. Saat mengeluarkannya dari dalam box penjualan, kami semakin yakin akan kualitasnya karena bobotnya yang ekstra berat. ASUS PB278Q adalah satu dari sedikit monitor yang masih menyediakan feature adjustment seperti pivot, swivel, dan tilt. Pengaturan yang dapat dilakukan yaitu mendongakkan layar ke atas dan ke bawah, merotasi layar menjadi portrait, dan menaik-turunkan posisi layar ke atas dan ke bawah. Sejatinya, LED monitor ini bisa menjadi pilihan menarik, terutama untuk keperluan game, benchmark, dan juga desain. Penyebabnya adalah resolusi layarnya yang mencapai 2560 x 1440 pixel.
Sudut sempit di area input interface ASUS PB278Q menyulitkan saat pemasangan kabel

Di Indonesia sendiri, belum banyak pilihan monitor yang memiliki resolusi layar setinggi ini. Karena itu juga, ASUS menyertakan paket penjualan yang lengkap, mulai dari kabel DVI dual-link, kabel HDMI 1.4, kabel DisplayPort, hingga kabel audio 3,5 mm. Dijejali banyak feature, performa ASUS PB278Q tidak mengecewakan. Tampilan jernih berkat resolusi tinggi, viewing angle yang lebar, DCR 80.000.000:1, hingga ASUS Splendid untuk memaksimalkan kualitas tampilannya. Monitor ini juga memiliki built-in speaker yang kualitas suaranya serupa dengan speaker notebook. Untuk mendapatkan pengalaman penggunaan yang maksimal, Anda memerlukan GPU menengah ke atas yang mendukung resolusi di atas Full HD. Jika tidak, kualitas tampilannya tak akan optimal karena resolusinya rendah.
Spesifikasi Monitor ASUS PB278Q
Ukuran Layar
27 inchi
Rasio Kontras
80.000.000:1
Resolusi
2560 x 1440
Tingkat Kecerahan
300 cd/m2
Waktu Respon
5ms (Gray-to-Gray)
Input
D-Sub, HDMI, DisplayPort, DVI
Fitur Khusus
Quickfit, ASUS Splendid, Tilt+Swivel+Pivot+Height adjustment
Paket Penjualan
Manual, Kabel DisplayPort, Kabel HDMI, Kabel Dual link DVI, Kabel Power
Harga
IDR 7.425.000

Kelebihan & kekurangan:
(+) Fungsi adjustment seperti swivel, pivot, dan tilt
(+) Performa baik dengan pilihan interface lengkap
(-) Penempatan input interface-nya menyulitkan saat pemasangan

Kesimpulan:
Monitor dengan panel PLS ini memiliki resolusi ekstra besar. Selain tampilannya yang optimal, monitor ini juga mengusung desain kokoh dengan fungsi adjustment (tilt, swivel, pivot) yang baik. Tak ketinggalan, pilihan interface-nya lengkap dengan dukungan built-in speaker.



0 komentar :

Posting Komentar