Selasa, 10 Maret 2015

HTC One X+, Chipset Tegra 3 Plus dengan Kapasitas Ekstra

HTC menyempurnakan sekaligus meng-upgrade smartphone Android kelas atas mereka dengan seri terbaru, HTC One X+. HTC pernah melakukan strategi yang sama sebelumnya ketika merilis HTC Sensation XE yang merupakan versi upgrade dari HTC Sensation. Tidak ada perubahan dari sisi desain diantara keduanya. HTC One X+ masih menggunakan dimensi layar 4,7 inci dengan total dimensi keseluruhan 134,4 x 69,9 x 8,9 mm, sementara bobotnya lebih berat 5 gram dari HTC One X.

Untuk materialnya, One X+ masih menggunakan polycarbonate yang terkenal memiliki daya tahan tinggi terhadap goresan maupun api. Hanya saja, warna yang digunakannya kini lebih gelap sehingga terlihat lebih eksklusif. Berbeda dengan desainnya yang masih sama, pada sisi hardware terdapat perbedaan yang cukup signifikan. Peningkatan itu terlihat pada clock prosesor yang naik 200 MHz dari 1,5 GHz menjadi 1,7 GHz. Sisi GPU juga mengalami pengingkatan dengan digunakannya ULP GeForce generasi kedua. Sebenarnya, embel-embel "plus" pada HTC One X+ lebih ditujukan pada penggunaan NVIDIA Tegra 3 Plus.Perbedaan dengan seri sebelumnya, yakni NVIDIA Tegra 3 adalah jumlah core yang digunakan. Tegra 3 menggunakan 4 core, sedangkan Tegra 3 Plus menggunakan istilah 4+1 core.

Pada HTC One X+ yang sudah mengadopsi NVIDIA Tegra 3 Plus, ada satu core yang ditugaskan untuk menjalankan aplikasi ringan, seperti mendengarkan musik atau ketika ponsel dalam kondisi stand-by. Hal ini ditujukan agar baterai ponsel menjadi lebih awet. Sedangkan ketika bermain game, barulah keempat prosesor utamanya berfungsi. Namun, apakah benar baterai HTC One X+ tahan lama? Kami mengujinya dengan program GL Benchmark 2.5.1, konfigurasi menggunakan setting GLBenchmark 2.1 Egypt dengan brightness 50% dan FPS maksimal di angka 60. Hasilnya ternyata masih cukup mengecewakan. Smartphone ini hanya kuat bertahan 2 jam 27 menit dengan kapasitas baterai tersisa 2%. Namun jika hanya digunakan untuk fungsi multimedia (selain game) dan browsing, smartphone ini kuat menemani Anda hingga lebih dari 12 jam.

Hal yang paling memuaskan dari smartphone ini masih terletak pada sisi kamera yang bisa dikatakan sebagai salah satu yang terbaik di kelasnya. Sementara untuk memutar musik, hasil suaranya optimal jika menggunakan headset, sedangkan performa loudspeaker-nya justru biasa saja. Berikut spesifikasi smartphone HTC One X+ yang dibanderol Rp. 6,6 juta ini:
Spesifikasi Smartphone HTC One X+
OS
Android 4.1.1
CPU
Quad-core 1,7 GHz
GPU
ULP GeForce 2
Memori/ Storage
1 GB / 64 Gb
Bobot
135 gram
Konektivitas
Bluetooth, Wi-Fi, DLNA
Display
4,7 inci (1280 x 720)
Kamera
8 MP & 1,6 MP / 1080p
Baterai
Li-ion 2100 mAh
Interface
   Audio jack 3,5 mm, micro USB port
Fitur Khusus
   Beats Audio
Paket penjualan: Manual, kabel data USB, charger, earphone

Sisi positif & negatif:
(+) Polycarbonate berwarna hitam membuat tampilannya eksklusif
(+) Kualitas kamera di luar dan dalam ruangan sangat baik
(+) Kapasitas media penyimpanan hingga 64 GB

Kesimpulan:
Kekuatan utama HTC One X+ masih terletak pada sisi kameranya. Kelebihan lainnya ada pada OS terbaru serta chipset Tegra 3 Plus yang ada di dalamnya. Hal lainnya yang patut diacungi jempol adalah kapasitas memorinya yang kini sudah mencapai 64 GB.



0 komentar :

Posting Komentar