Rabu, 18 Maret 2015

SONY Xperia J, Smartphone Pemutar Musik Yang Optimal

Dari desain dan materialnya, SONY Xperia J tampil meyakinkan. Layarnya yang berdimensi 4 inci dapat menampilkan resolusi 854 x 480 pixel. Untuk mengatasi kemungkinan terjadinya gesekan-gesekan halus, Sony menggunakan layar Gorilla Glass pada produknya ini.

Tiga tombol sentuh untuk navigasi ada di bagian bawah ponsel, dilengkapi dengan backlight jika sedang digunakan di tempat gelap. Tepat di bawah ketiga tombol tersebut terdapat sisi menurun yang menjorok ke dalam untuk mempercantik tampilannya. Hal tersebut sukses membuatnya terlihat beda dari seri Xperia lainnya yang terkesan monoton. Terdapat list yang mengitari seluruh sisi ponsel sekaligus memisahkan bagian depan ponsel dan penutup baterainya. Uniknya, list tersebut dapat menyala pada bagian bawahnya sesaat setelah Anda membuka lockscreen dengan warna yang menyesuaikan dari theme yang sedang digunakan. Bagian belakangnya, tepatnya pada penutup baterainya dibuat melengkung ke dalam untuk menimbulkan kesan ramping.

Rupawan penampilannya, namun kurang menawan dari sisi performa. Untuk fungsi dasar seperti mengakses menu terkadang masih dirasakan tersendat. Begitupun ketika browsing dan mengetik pesan SMS, karakter dari kata yang sedang ditulis sesekali masih terasa adanya delay. Lalu, bagaimana jika bermain game? Prosesor single-core dan GPU Adreno 200 yang dipilih Sony memang cukup disayangkan. Hal ini berdampak besar pada performa keseluruhannya. Bermain game tentu masih bisa dilakukan menggunakan ponsel ini, namun Anda juga harus pintar-pintar memilih game yang hendak dimainkan.

Sistem operasi Android 4.0.4 yang terinstall di dalamnya sudah dilengkapi dengan beberapa aplikasi pilihan seperti Twitter, Google Talk, hingga Walkman. Khusus aplikasi Walkman, di dalamnya terdapat feature tambahan untuk meningkatkan kualitas suara dari musik yang sedang diputar. Equalizer, xLOUD, hingga headphone surround untuk mensimulasikan kondisi ruangan seperti di studio, club, atau concert hall dapat anda manfaatkan dengan sesuka hati.

Saat memutar musik, loudspeaker ponsel ini dapat menghasilkan suara yang lantang. Sayang, jika Anda meletakkannya di atas meja, suaranya terdengar lebih kecil karena lubang speaker terletak di bagian belakang. Untuk kualitas kamera 5 MP yang dimilikinya, saya tidak meragukan kualitasnya. Hasil optimal tidak hanya untuk dilihat di layar monitor, namun juga ketika dicetak dalam ukuran yang tidak terlalu besar.
Data Teknis  Smartphone SONY Xperia J
Sistem Operasi
Android 4.0.4
CPU
Cortex A5 1 GHz
GPU
Adreno 200
Memori
512 MB
Storage
2 GB
Konektivitas
Bluetooth, WiFi, DLNA
Display
4 inci (854 x 480)
Kamera
5 MP & VGA / 1080p
Baterai
   Li-ion 1750 mAh
Interface
   Audio jack 3,5 mm, micro USB port
Fitur Khusus
   xLOUD, Equalizer
Bobot
   125 gram
Paket penjualan: Manual, Kabel data USB, Charger, Earphone

Aspek plus & minus dari SONY Xperia J:
(+) Desain berbeda dari seri Xperia kebanyakan
(+) Fitur yang lengkap untuk fungsi audio
(-) Spesifikasi tertinggal mengakibatkan performa kurang maksimal

Kesimpulan:
Anda yang sudah sering menggunakan smartphone Android kelas atas pasti kurang puas dengan performa Xperia J. Namun bagi Anda yang baru ingin mencoba, Sony Xperia J menawarkan performa yang cukup dengan desain berbeda dari seri Xperia lainnya. Keunggulan utama ponsel ini ada pada sisi audionya.



0 komentar :

Posting Komentar