Sabtu, 14 Maret 2015

Ace Combat: Assault Horizon, Game Simulasi Pertempuran di Udara

Terlihat lebih realistis dan sangat menegangkan, Ace Combat: Assault Horizon berhasil membuat para gamer di PC kembali merasakan sebuah game simulasi pertempuran di udara. Pada tahun 2013 silam para pencinta game di PC mendapatkan kabar gembira. Betapa tidak, Namco Bandai akhirnya merilis untuk platform PC, salah satu game simulasi pesawat tempur terbaiknya yang selama ini hanya tersedia untuk konsol. Game tersebut adalah Ace Combat: Assault Horizon yang dirilis pada bulan Januari lalu. Meskipun memiliki beberapa kekurangan dibandingkan franchise game lainnya, Ace Combat: Assault Horizon tetap memiliki kelebihan tersendiri yang dapat Anda rasakan secara langsung saat memainkannya.

Ace Combat merupakan franchise simulasi pesawat tempur yang pertama kali dirilis pada tahun 1992 untuk platform Arcade. Pada saat itu, game tersebut masih bernama Air Combat. Selanjutnya, franchise tersebut berubah nama menjadi Ace Combat ketika Namco merilis gamenya pada tahun 1997 dengan nama Ace Combat 2 untuk perangkat Playstation. Ada sekitar dua belas seri yang telah dirilis untuk versi konsolnya sampai sekarang. Hal inilah yang menyebabkan Ace Combat menjadi salah satu game simulasi terbaik selain game serupa, seperti H.A.W.X yang digarap oleh Ubisoft. Menariknya, game Ace Combat: Assault Horizon hingga saat ini merupakan satu-satunya seri yang dirilis untuk multiplatform.

Kali ini, Ace Combat: Assault Horizon mengambil cerita yang berbeda dengan seri Ace Combat sebelumnya. Hampir semua seri Ace Combat mengambil setting cerita dengan latar belakang dunia yang tidak sebenarnya (dunia fiksi). Sementara itu, Ace Combat: Assault Horizon memiliki setting cerita dunia sebenarnya, meskipun nama, tokoh, dan tempatnya fiksi. Dalam game ini, Anda memerankan lebih dari satu karakter pilot berkebangsaan Amerika Serikat (AS). Karena Anda memerankan banyak karakter, keahlian Anda pun berbeda-beda. Anda tidak hanya ahli mengendalikan pesawat tempur, namun juga beberapa jenis helikopter tempur. Pesawat yang dapat Anda kendalikan adalah pesawat tempur F-16 atau Su-35. Sedangkan salah satu helikopter yang dapat Anda kendalikan adalah Apache dan pesawat pendukung serangan darat (close air support) seperti AC-130.
Hal menarik lainnya, hampir setiap pesawat yang tersedia di dalam game ini dapat Anda atur jenis persenjataannya. Dengan begitu, Anda pun dapat menyesuaikan pesawat dan alat tempur yang ingin digunakan secara optimal. Hal ini penting agar pertempuran yang Anda lakukan bisa berjalan lebih efektif. Selain itu, Anda pun bisa memberi warna yang digunakan sesuai dengan keinginan Anda. Sebagai seorang pilot pesawat tempur, Anda tidak bekerja sendirian. Semua misi yang Anda lakukan ada di bawah kendali NATO dan PBB. Dengan begitu, Anda pun bisa bekerja sama dengan sejumlah tentara dari negara lainnya. Pertempuran yang terlihat lebih realistis terlebih lagi disertai dengan sejumlah aksi kejar-kejaran di udara (dogfight), tampaknya menjadi senjata utama seri Ace Combat kali ini. Ketika ingin mengalahkan musuh yang berhasil menghindar dari kejaran dan tembakan, Anda disarankan untuk memasuki mode Dogfight. Pada mode ini, Anda akan mengejar pesawat musuh dari jarak dekat sampai pesawat tersebut sulit menghindar dari tembakan Anda.
Meski tergolong tua, F-16 masih menjadi pesawat andalan angkatan udara AS dalam game ini.

Anda juga harus waspada ketika musuh berhasil melakukan sebuah manuver yang tidak diduga, seperti cobra manuver, sehingga lepas dari kejaran Anda. Yang terjadi bisa sebaliknya, pesawat musuh mengejar Anda. Hal lainnya yang perlu diwaspadai adalah ketika pesawat musuh mengejar Anda secara tiba-tiba dan berhasil mengunci pesawat yang Anda kendalikan. Game Ace Combat: Assault Horizon mengambil setting lokasi pertempuran diatas benua Afrika, benua yang penuh konflik. NATO ditugaskan melakukan investigasi terhadap perakitan senjata yang ternyata memiliki hulu ledak setara nuklir.

Dalam game ini Anda akan banyak melakukan pertempuran di udara atau sekadar menjalankan misi mendukung pasukan darat menggunakan sebuah helikopter.Desain lokasi pertempuran yang dibuat pihak pengembang terlihat sangat detail. Hanya saja, grafis pada karakter kurang memukau dan masih terlalu kaku jika dibandingkan dengan game-game modern lainnya yang ada saat ini. Secara keseluruhan, Ace Combat: Assault Horizon merupakan game simulasi pesawat tempur terbaik yang pernah ada.

Aspek plus & minus game ini:
(+) Pertempuran di udara yang terlihat realistis dan kontrol pesawat yang sangat mudah.
(-) Rancang desain sejumlah karakter yang masih kaku sehingga terlihat tidak menarik.

Kesimpulan:
Sistem pertempuran yang realistis ditambah dengan mode pertarungan dogfight merupakan kunci utama Ace Combat: Assault Horizon sebagai suksesor terbaik game simulasi pertempuran di udara.



0 komentar :

Posting Komentar