Kamis, 05 Maret 2015

Krator Neso 04 (N4-20U05) Stylish & Minimalis Untuk Portable Device

Krator mengeluarkan produk speakernya yang cocok untuk komputer portabel seperti notebook dan smartphone. Speaker ini diberi tipe N4-20U05 atau yang lebih dikenal Krator Neso 04. Speaker yang diproduksi di Taiwan ini memiliki desain yang minimalis dan sedikit berbeda dari speaker portabel lainnya.
Dilihat dari spesifikasinya, speaker ini diklaim mampu mengeluarkan suara dengan frekuensi 80 - 18.000 Hz. Sedangkan untuk kedua satelitnya memiliki daya listrik masing-masing sebanyak 2.5 RMS.

Krator Neso 04 memiliki dua desain warna yang berbeda, yaitu hitam dan putih. Pada sisi belakang terdapat dua kenop volume control sebagai pengatur besar kecilnya suara dan kenop bass sebagai pengatur besar kecilnya efek bass. Speaker ini mudah dibawa bepergian karena speaker telah dilengkapi dengan USB power cable yang berfungsi sebagai power dan 3.5 mm stereo cable sebagai audio output.

Pada pengujiannya, kami menggunakan tiga lagu dan satu film dengan kualitas HD. Lagu yang dipilih adalah Best Audiophile Voices II dengan format APE dan dua lagu yang dibawakan oleh Vanessa Mae, yaitu "Contradanza" dan "Toccata and Fugue in D minor" dengan formatFLAC. Sedangkan untuk film, CHIP menggunakan film Wrack-It-Ralph dengan kualitas HD. Pengaturan equalizer pada Foobar2000 juga disesuaikan agar mendapatkan performa suara yang terbaik dari Krator Neso 04. Output suara dari kompilasi lagu Best Audiophile Voices terdengar baik. Namun jika kenop volume control dimaksimalkan, suara terdengar sedikit pecah.

Pada lagu Contradanza dari Vanessa Mae, low profile sound dan bass terdengar baik. Untuk lagu Toccata and Fugue in D minor, suara biola terdengar nyaring dan tidak pecah. Driver pada speaker bergetar jika kenop volume control dimaksimalkan. Pada film Wrack-It-Ralph dengan kualitas HD, output suara yang terdengar sangat baik dan bersih jika kenop di maksimalkan. Berikut ini spesifikasi teknis Krator Neso 04:
Spesifikasi Krator NeSo 04 (N4-20U05)
Speaker
80 hz - 18.000 hz
Total RMS
5 watt
Subwoofer
N/A
Satelit
2 x 2.5 watts (RMS)
Input/Output
3.5 mm Stereo Audio Cable, USB Cable.
Harga
N/A

Sisi positif & negatif:
(+) Harga yang terjangkau untuk pengguna portable device
(+) Staging yang dihasilkan terdengar baik
(+) Suara sedikit pecah jika kenop volume control dimaksimalkan

Kesimpulan:
Speaker yang minimalis ini ternyata memiliki suara yang tidak dapat diremehkan. Meskipun suaranya sedikit pecah jika volume dimaksimalkan, namun hal ini terjadi pada beberapa genre musik tertentu saja.



0 komentar :

Posting Komentar