Selasa, 03 Maret 2015

AMD Akan Segera Merilis Prosesor APU Generasi Ke-5

Seltelah sukses dengan Kaveri, pabrikan prosesor komputer, AMD, akan segera merilis prosesor APU terbaru mereka yang diberi kode nama "Carrizo". Prosesor tersebut rencananya akan dirilis pada akhir tahun 2015 ini (untuk versi mobile), sedangkan untuk versi desktop akan dirilis pada tahun 2016 mendatang. Hal ini tentu saja untuk menandingi kedigdayaan kompetitor mereka, yaitu intel, yang kabarnya juga akan meluncurkan prosesor baru dengan kode nama Broadwell. 

"Prosesor tersebut merupakan generasi kelima dari AMD APU (Accelerated Processing Unit) yang memiliki kinerja yang tinggi namun efisien dalam daya," kata Manajer Pemasaran AMD Indonesia Armawati Cen.

APU menggabungkan pengolahan data dan kemampuan mengolah grafik dalam satu perangkat. Carrizo dirancang sebagai sebuah solusi lengkap, mulai dari kebutuhan gamingdan aplikasi produktivitas hingga pengalaman menonton konten HD. Menurut keterangan tertulis perusahaan, Carrizo akan terintegrasi dengan x86 CPU baru bernama “Excavator” serta chip grafis generasi terbaru AMD Radeon dengan arsitektur Heterogeneous Systems Architecture (HSA) 1.0.

Armawati mengatakan, ke depan perusahaannya akan terus mengembangkan APU. Saat ini, perusahaan ini telah mengeluarkan AMD APU seri E (E1 dan E2) yang terutama untuk low end, A (A4, A6, A8 dan A10) dan FX. Mengenai seri yang paling dominan, Armawati mengatakan sekitar 54 persen laptop yang menggunakan prosesor AMD, tersemat seri A atau A-series. Sayangnya, hingga saat ini saya masih belum mengetahui apakah AMD Carrizo akan menggunakan soket baru (kemungkinan FM3) ataukah tetap memakai soket FM2+ yang ada saat ini.

Berikut ini adalah bocoran fitur-fitur terbaru dari AMD Next-Generation APU Carrizo L (untuk mobile):
  • Arsitektur core Excavator yang dioptimalisasikan agar lebih hemat daya pada perangkat mobile.
  • Datang dengan membawa AMD Radeon grapics Core Next yang mendukung DirectX 12, Mantle dan konfigurasi dual graphics.
  • Integrasi Single-chip, prosesor APU dan Southbridge digabung dalam die tunggal (istilahnya SoC).
  • Mendukung secara penuh teknologi HSA 1.0 (Heterogenous System Architecture), dimana menjanjikan peningkatan kinerja yang signifikan dan daya tahan baterai yang lebih awet.
  • Dilengkapi dengan fitur keamanan dengan teknologi AMD TrustZone.



0 komentar :

Posting Komentar