Minggu, 24 Desember 2017

WD GOLD WD8002FRYZ, Harddisk Premium Untuk DataCenter

Tak cukup dengan menghadirkan varian Blue, Black, Green, Purple, dan Red, Western Digital kini punya varian baru, yakni Gold. Berbeda dengan varian lainnya yang diposisikan sebagai produk konsumer, WD Gold dirancang untuk enterprise khususnya datacenter. Oleh karena itu, pilihan kapasitasnya pun tak tanggung-tanggung. Mulai dari 4 TB, 6 TB, 8 TB, hingga 10 TB. Nah, kali ini saya kedatangan WD Gold yang berkapasitas 8 TB. Gold sendiri merupakan gabungan dan improvisasi dan tiga varian hard disk internal WD kelas enterprise yang sudah beredar di pasaran, yakni Ae, Se, dan Re. Tak cuma datacenter, secara spesifik varian ini juga didesain untuk digunakan dalam server enterprise, data warehousing/mining, NAS kelas enterprise, dan sistem surveillance system kelas high-end.

Sebagai media penyimpanan kelas premium berbasis harddisk, performanya tak bisa diremehkan. Ketika dites dengan menggunakan CrystalDiskMark 5.1.2, kecepatan membaca maupun menulis sequential-nya imbang di angka 199 MB/s. Sementara pada aplikasi HDTune Pro 5.60, hard disk dengan form factor 3,5 inci ini mendapatkan 164,5 MB/s untuk read speed dan 163,3 untuk write speed. Sedangkan pada aplikasi synthetic benchmark PCMark 7, skor yang dihasilkan adalah 2.257 poin.

Selain memanfaatkan berbagai aplikasi benchmark, saya juga sempat mengetes untuk memindahkan satu file dan banyak file yang besarnya sama-sama 4,4 GB dari harddisk ke SSD yang terpasang sebagai sistem. Hasilnya, saat memindahkan satu file tersebut, waktu yang dibutuhkan adalah 23 detik. Sementara untuk memindahkan banyak file sebesar itu membutuhkan waktu 1,34 menit. Sebaliknya, memindahkan satu file dan banyak file dari SSD ke harddisk masing-masing menghabiskan waktu 16 detik dan 31 detik.

Di samping cepat, waktu latensi yang dimilikinya juga tergolong rendah saat memindahkan data. Walaupun masih sempat terjadi penurunan performa ditengah-tengah operasi perpindahan data, kecepatannya tak sampai turun secara drastis. Ini mengindikasikan bahwa performanya terbilang cukup baik.
Data Teknis  WD GOLD WD8002FRYZ
Interface
SATA III 6 Gb/s
Size
8 TB
Faktor Bentuk
3.5 inch
Harga
US$ 700
Paket Penjualan
N/A
Plus Minus:
(+) Tersedia dalam empat varian, 4 TB, 6 TB, 8 TB, dan 10 TB
(+) Kecepatan membaca dan menulisnya imbang dikisaran 199 MB/s
(+) Waktu latensi yang dihasilkan rendah saat memindahkan data
(-) Sedikit bising

Kesimpulan:
Berkat menyediakan kapasitas yang sangat besar hingga 10 TB, WD Gold mampu menghemat slot harddisk pada Datacenter sehingga ruang yang dibutuhkan untuk menyimpan media penyimpanan pun menjadi berkurang. Tak cuma itu, sebagai harddisk premium, WD Gold juga memiliki performa dan durabilitas yang sangat baik.

Hasil Benchmark:
CrystalDiskMark (Sequential Read) : 199,1 MB/s
CrystalDiskMark (Sequential Write) : 199,7 MB/s
HDTune Pro 5.60 (Read) : 164,5 MB/s
HDTune Pro 5.60 (Write) : 163,3 MB/s
PCMark 7: 2.257 poin
File Copy Test 4,4 GB (Write Single File) : 16 detik
File Copy Test 4,4 GB (Write Multiple File) : 31 detik
File Copy Test 4,4 GB (Read Single File) : 23 detik
File Copy Test 4,4 GB (Read Multiple File) : 1,34 menit

0 komentar :

Posting Komentar