Sabtu, 02 Desember 2017

Keyboard Mekanikal Armaggeddon MKA-9C Psychraptor

Semenjak wujudnya pertama kali diperlihatkan pada acara Mega Trends 2016 beberapa bulan lalu, akhirnya salah satu keyboard mekanikal terbaru Armaggeddon resmi tersedia di pasaran. Armaggeddon MKA-9C Psychraptor merupakan tambahan baru pada lini keyboard gaming mekanikal. Sebelumnya Armaggeddon memang telah mengenalkan varian MKA yang hadir dengan menjual desain yang kompak. Namun varian MKA-9C Psychraptor membawa desain yang berbeda dan tak lagi kompak.

MKA-9C Psychraptor hadir dalam ukuran yang cukup lebar jika dibandingkan dengan varian MKA lainnya. Gamer membutuhkan lebar area ideal pada kisaran 25 cm pada meja untuk menempatkan keyboard mekanikal dengan lebar berkisar 22 cm dan panjang berkisar 45.5 cm ini. Tampilannya masih sama dengan varian MKA lainnya, menampilkan desain keycap yang terkesan telanjang dan menjulang dari plat berbahan aluminiumnya. Desain ini membuat housing dari masing-masing switch terlihat jelas.

Panel aluminium hanya menjadi base pada jajaran keycap, karena Psychraptor menggunakan material plastik sebagai kombinasi untuk mempermanis tampilan di beberapa sisi. Adalah sisi bagian atas dan wrist rest selebar ±6 cm berhias logo Armaggeddon untuk membuatnya tidak tampak kosong. Kombinasi warna pun diaplikasikan untuk mendapatkan tampilan yang menarik, kombinasi hitam doff pada keycap serta material berbahan plastik dengan plat aluminium berwarna perak kehijauan dengan sentuhan metalik terlihat cukup mewakili karakter gamer yang menggemari karakter militer. Kabel sepanjang 1.8 meter dengan ukuran yang tidak terlalu besar, cukup fleksibel dan kuat berkat penggunaan nylon braided sebagai lapisan terluarnya.

Keyboard ini tergolong dalam kategori full-size keyboard yang berarti keyboard ini memiliki deretan tombol NumLock. Ukuran keycapnya relatif sama dengan keyboard gaming kebanyakan, disini Armaggeddon menyapukan finishing doff pada setiap keycapnya. Meskipun tanpa kehadiran tombol tambahan seperti yang umum diberikan oleh beberapa vendor dan tidak didukung oleh software, MKA-9C Psychraptor tidak minim akan fitur.
Tampilan MKA-9C terlihat agresif dengan mengaplikasikan base aluminium pada panel keycap

Jika diperhatikan deretan tombol F1 sampai F12 dipenuhi oleh ikon-ikon yang berfungsi untuk mengatur pencahayaan LED. Yup, keyboard ini memang sudah mendukung penggunaan LED RGB pada setiap keycapnya. Keyboard ini memiliki 6 buah mode pendar LED yang keren, mulai dari mode Wave, Ribbon, Ripple, Run Laps, Single Lighting dan Pulsating, tapi uniknya Armaggeddon menyediakan 5 buah tombol yang dapat dikonfigurasi sesuai kebutuhan gamer, mungkin menyesuaikan dari jenis game yang sedang gamer mainkan. Caranya juga tidak sulit, gamer hanya perlu mengikuti instruksi yang terdapat pada User Manual. Selain mode pencahayaan, keyboard ini juga menyediakan tombol fungsi multimedia untuk memberikan kemudahan dalam mengatur alur lagu atau tingkat volume saat mendengarkan musik dan menonton film.
Tampilan keycap yang menjulang tinggi menampilkan dengan jelas mekanikal switch di baliknya.

Varian yang kami uji kali ini datang dengan dibekali switch Kailh berwarna merah, dalam kotak kemasannya pun Armaggeddon memberikan informasi bahwa switch ini beroperasi cukup senyap dan dapat memberikan respon yang cepat. Dalam pengujiaannya keyboard ini memang mampu memberikan kenyamanan ketika diajak untuk mengetik artikel pengujian. Setiap tekanan pada keycapnya tidak menimbulkan bunyi klik yang biasa ditemukan pada karakter switch berwarna biru dan hijau. Diajak mengetik cepat pun keyboard ini masih terdengar cukup senyap.

Membawa jargon The Ultimate Gaming Gear, keyboard ini sudah seharusnya dapat mengakomodir kebutuhan gamer akan fungsionalitasnya sebagai peripheral gaming. Dengan kemudahan pengaturan warna LED pada keycap, gamer MOBA populer seperti DOTA 2 akan cukup membantu ketika menempatkan skill-skill khusus. Gamer dapat membuat sendiri tombol-tombol yang dirasa perlu mendapatkan efek pencahayaan LED. Karakter keyboard dengan switch mekanikal mampu memberikan respon yang cepat dan tentunya sudah mendukung anti-ghosting. Namun tanpa dukungan software, keyboard ini belum bisa mengisi semua segmen genre game yang biasanya menawarkan fitur penyimpanan makro yang mudah.
Spesifikasi Armaggeddon MKA-9C Psychraptor
Interface/kabel
USB / 1,8 meter
Switch
Kailh Red
LED
RGB
Paket Penjualan
Armaggeddon MKA-9C Psychraptor
User manual
Keycap puller

Sisi Positif & Negatif:
(+) Built quality baik
(+) LED RGB
(+) Plat aluminium
(+) Mode LED beragam
(-) Tidak ada keycap cadangan
(-) Tidak didukung software
(-) Ukuran wrist rest kecil dan tidak dapat dilepas

Kesimpulan
Untuk gamer yang ingin merasakan keyboard gaming mekanikal dengan harga dibawah 1 juta, keyboard milik Armaggeddon ini bisa menjadi salah satu opsi yang patut diper-hitungkan. Datang dengan tampilan yang lebih agresif jika dibandingkan dengan saudara MKA lainnya, MKA-9C Psychraptor mengaplikasikan base aluminium yang membuatnya terlihat kokoh dan keren. Meskipun tidak dibekali dengan tombol tambahan ataupun software pendukung, gamer masih tetap bisa mengkonfigurasi tampilan keyboard dengan memaksimalkan 6 mode default atau 5 buah profile yang dapat dengan bebas dikonfigurasi gamer. Respon yang cepat ala keyboard mekanikal sangat memabntu dalam permainan yang membutuhkan kecepatan dan karakter switch merah ini tidak menimbulkan bunyi klik yang terlalu berisik.

0 komentar :

Posting Komentar