Minggu, 24 Desember 2017

Pi Desktop, Memaksimalkan Fitur Raspberry Pi


Raspberry Pi Desktop
Pernahkah Anda memimpikan tampilan Raspberry Pi 3 layaknya sebuah komputer mini lengkap yang siap pakai? Jika ya, dengan Pi Desktop, impian Anda ini akan terwujud. Salah satu distributor Rasperry Pi, Element 14, baru-baru ini mengumumkan sebuah kit desktop mini untuk Raspberry Pi 3. Kit yang disebut Pi Desktop ini memungkinkan Raspberry Pi dipasangi aneka perangkat tambahan degan mudah. Konsepnya mirip seperti NUC Intel__di mana sebuah perangkat komputasi bisa dipasangi aneka perangkat tambahan secara mudah. Kit ini akan memanfaatkan daya komputasi Raspberry Pi dan menambahkan fi tur tambahan seperti antarmuka mSATA untuk SSD. Element 14 menyatakan bahwa kit Pi Desktop ini akan dijual dengan harga sekitar US$56 di pasaran Amerika Utara. Kit ini sendiri dikabarkan mulai tersedia di sana pada awal Juni lalu.

Berupa Board
Element 14 menyatakan bahwa kit ini berbentuk sebuah add-on board yang dihubungkan ke Raspberry Pi 3 via GPIO (General Purpose Input Output) 40-pin. Board ini dilengkapi dengan antarmuka mSATA, sebuah pengatur daya, dan sebuah jam sistem. Sebagai tambahan, kit juga ini menawarkan casing, keping pendingin, adapter USB, baterai jam sistem, serta spacer dan baut untuk mengencangkan Raspberry Pi di dalam casing ini. Element 14 menyatakan bahwa dengan kit ini, pengguna Raspberry Pi akan bisa menggunakan SSD sampai dengan kapasitas satu terabyte. Element 14 juga menyatakan bahwa kit ini juga memungkinkan pengguna melakukan booting sistem operasi Raspberry Pi via SSD. Raspberry Pi 3 sendiri sebenarnya telah dilengkapi dengan aneka fitur yang cukup lengkap seperti empat port USB, Wi-Fi, Bluetooth, ethernet, dan port HDMI.
Konektor lengkap pada Raspberry Pi Desktop
Konektor lengkap pada Raspberry Pi Desktop

Para pengamat menyatakan bahwa kemunculan kit bagi Raspberry Pi 3 ini merupakan hal menarik. Pasalnya, Raspberry Pi 3 sendiri merupakan sistem dengan kinerja komputasi tertinggi di antara versi Raspberry Pi lainnya. Namun, belum diketahui apakah kit ini bisa dipasang dan dirakit dengan mudah atau tidak oleh pengguna awam. Pasalnya, banyak pengguna Raspberry Pi 3 yang juga berasal dari kalangan awam. Meskipun demikian, banyak juga pengguna mahir Raspberry Pi 3 (seperti developer dan pengguna Linux) yang dipastikan akan mampu merakit kit ini tanpa mengalami
kesulitan.

Hanya untuk Raspberry Pi 3
Namun demikian, kemunculan kit Pi Desktop akan membuat Raspberry Pi 3 kian menarik bagi orang-orang tertentu. Orang-orang semacam ini telah memanfaatkan Raspberry Pi 3 untuk berbagai keperluan, misalnya untuk HTPC atau server rumah. Kit ini juga akan sangat bermanfaat untuk pengguna yang ingin memanfaatkan kinerja dan kapasitas SSD dan ingin meningkatkan kegunaan Raspberry Pi 3 secara maksimal. Sayangnya, belum diketahui kapan produk ini tersedia secara global. Juga tidak ada kabar apakah akan ada kit lainnya untuk Raspberry Pi versi sebelumnya.

0 komentar :

Posting Komentar