Minggu, 24 Desember 2017

Lenovo Vibe K5 Plus, Cocok Untuk Multimedia dan VR

Samrtphone Lenovo Vibe K5 PlusLenovo menawarkan solusi terjangkau bagi yang ingin merasakan sensasi tampilan virtual reality. Mirip dengan Lenovo Vibe K4 Note, Lenovo Vibe K5 Plus juga memiliki fitur Theater Max. Fitur ini akan mengubah konten biasa menjadi konten VR. Ini membuat pengguna bisa seolah menyaksikan sinema layar lebar atau mode VR (virtual reality) dengan bantuan headset VR dari Lenovo, yaitu AntVR. Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna mesti masuk ke menu utama dengan menekan tombol power selama beberapa detik. Nanti pada menu tersebut, pengguna cukup memilih VR split screen mode. Selanjutnya, tampilan akan berubah menjadi dua bagian dan pengguna tinggal memasang headset VR untuk menyaksikan konten dengan cara yang berbeda.

Adapun maksud penggunaan kata “Plus” pada seri ini adalah untuk menyoroti hadirnya layar dengan resolusi full HD serta penggunaan prosesor dengan spesifikasi lebih tinggi dibanding seri K5. Layarnya sendiri memiliki ukuran 5 inci, berbeda dengan Vibe K4 Note yang memiliki layar lebih besar yaitu 5,5 inci. Sayangnya, karena layar yang lebih kecil ini, kenikmatan menyaksikan konten VR akan berkurang. Tampilan ala sinema layar lebar juga terasa menjadi tidak semantap layar yang berukuran lebih besar. Smartphone ini sudah dilengkapi dengan gyroscope yang secara teori membuatnya mampu menjalankan konten berbasis VR atau video 360. Sayangnya saat saya coba menjalankan konten bersangkutan menggunakan headset VR, tampilannya masih terlihat berbayang yang membuat mata pengguna cepat lelah dan mengakibatkan pusing.
Tampak belakang Lenovo Vibe K5 Plus

Seri Vibe K5 Plus ternyata memiliki spesifikasi yang lebih rendah dibandingkan Vibe K4 Note. Hanya saja, Vibe K5 Plus menyematkan RAM sebesar tiga gigabyte. Ini membuatnya bisa menjalankan berbagai aplikasi secara multitasking dengan lancar. Dengan spesifikasi yang dimilikinya, kinerja produk ini terbilang tidak terlalu istimewa. Namun, produk ini masih mampu menjalankan berbagai aplikasi secara lancar. Ini sesuai dengan SoC yang digunakannya. Sayangnya, saat mengaktifkan mode VR, baterai tampak lebih cepat panas dan juga membuat Lenovo Vibe K5 Plus membutuhkan daya yang lebih besar. Kapasitas baterai 2.750 mAh-nya memang tampak kurang besar. Hal ini khususnya berlaku jika pengguna sering menggunakan smartphone ini untuk menjalankan aneka aktivitas multimedia. Saat kami uji menggunakan PCMark, baterainya sanggup bertahan sampai 5 jam 50 menit.
Split Screen Lenovo Vibe K5 Plus
Spesifikasi Lenovo Vibe K5 Plus
CPU
Qualcomm MSM8939 Snapdragon 616 (quad core Cortex-A53 1,5 GHz & quad core Cortex-A53 1,2 GHz)
RAM
3 GB
GPU
Adreno 405
Storage
16 GB
Slot SIM
Dual SIM (micro)
Jaringan
GSM/HSPA/LTE
Koneksi
Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot, Bluetooth 4.1, A2DP, LE, GPS, A-GPS, jack audio 3,5 mm, micro-USB, USB-OTG
Kamera
Belakang: 16 MP, video 1080p
Depan: 5 MP, video 720p
Layar
  5” full HD 1.920 x 1.080 pixel @ 441 ppi
Baterai
  Non-removable Lithium ion 2.750 mAh
Dimensi (plt)/bobot
  14,2 x 7,1 x 0,8 cm/142 gr
OS
  Android 5.1.1 Lollipop (VibeUI)
Garansi: 1 tahun
Harga: Rp2.499.000

Kesimpulan
Meskipun kinerja serta kemampuan kameranya masih terbilang biasa, Lenovo Vibe K5 Plus menampilkan fitur unggulan yang menarik. Mengandalkan fi tur multimedia, smartphone ini cocok bagi yang ingin merasakan sensasi konten VR dengan audio mantap. Kapasitas RAM yang besar juga menjadi andalan bagi pengguna yang sering menjalankan beberapa aplikasi sekaligus.

0 komentar :

Posting Komentar