Minggu, 24 Desember 2017

“Silicon Valley” Indonesia Mulai Dibangun


Kawasan Digital Hub sendiri memiliki luas 25,86 hektar yang berlokasi tepat di bagian selatan Green Office Park, BSD City. Kawasan ini nantinya didedikasikan sebagai “Lembah Silikon” Indonesia. Pasalnya, melalui kawasan inilah BSD City berusaha mewujudkan transformasinya sebagai integrated smart digital city di Tanah Air. Terlebih lagi di era teknologi digital seperti saat ini, masyarakat membutuhkan kawasan yang didukung dengan infrastruktur jaringan telekomunikasi yang andal, fasilitas lengkap, serta lokasi strategis dengan kemudahan akses.

Dalam groundbreaking lalu, tampak pejabat penting Pemerintah Indonesia juga turut hadir. Michael Widjaja (CEO Group Sinar Mas Land) mengungkapkan bahwa kehadiran Pemerintah RI menandai kehadiran kawasan Digital Hub secara resmi di proyek Sinar Mas Land. Apalagi jika mengingat saat ini Pemerintah Indonesia juga tengah berfokus untuk mendorong pertumbuhan industri berbasis TI dan teknologi digital. Digital Hub sendiri memiliki beragam keunggulan, mulai dari jaringan fiber optic, lokasi dan akses yang strategis, hingga dirancang khusus oleh NBBJ (konsultan arsitektur terkemuka dari Amerika Serikat). NBBJ sendiri kerap mendesain sejumlah kantor perusahaan berbasis teknologi di dunia, seperti Microsoft, Amazon, atau kantor pusat Samsung di Silicon Valley, California, AS.
Menurut Michael, penunjukkan NBBJ sebagai konsultan arsitektur bukan tanpa alasan. Pasalnya, NBBJ memiliki pengalaman mendesain tempat bekerja yang nyaman bagi para pekerjanya yang kental akan nuansa teknologi. Ini merupakan hal yang berbeda dari nuansa lingkungan di tempat bekerja biasa. Irawan Harahap (Project Leader Digital Hub) menyebutkan, sebagai proyek yang baru, Digital Hub yang dibangun di lahan seluas 26 hektar ini akan dibangun dalam dua fase, yakni 13 hektar pertama dan 13 hektar kedua. Jika sesuai rencana, gedung pertama Digital Hub nanti akan selesai pada kuartal kedua tahun 2019. Untuk bisnis modelnya, Irawan menyebut gedung-gedung tersebut nantinya disewakan. Namun ada juga tanah di situ yang dijual dan dibangun sesuai requirement tenant. Dari investasi sekitar Rp5-7 triliun, pembangunan proyek akan dilakukan bertahap.

Gandeng Institusi Pendidikan dan Perusahan TI
Sementara itu, Michael Widjaja secara lebih dalam menerangkan bahwa kawasan Digital Hub ini akan menjadi tempat yang ideal bagi research center, institusi pendidikan di bidang engineering/ technology/IT/science dan juga industri creative. Lokasi ini juga sesuai bagi beragam kegiatan berbasis TI dan teknologi digital seperti animasi atau 3D. Saat ini, berbagai tenant di bidang TI seperti Huawei, Apple Research and Development Center, MyRepublic, Sale Stock, Orami, evhive, Purwadhika, GeeksFarm dan Plug and Play telah hadir di BSD City. Mereka akan berkantor di kawasan Digital Hub pada tahun 2019 mendatang.

Beberapa perusahaan TI seperti MyRepublic serta PT Walden Global Service/WGS Hub (yang bergerak di bidang teknologi informasi dan perangkat lunak/software) pun telah hadir di BSD City. Ini juga berhasil menarik Apple (yang merupakan perusahaan raksasa teknologi asal Amerika Serikat) untuk membangun pusat inovasi aplikasi teknologinya di kawasan Digital Hub. Selain perusahaan-perusahaan TI, kawasan Digital Hub juga ditunjang oleh hadirnya lembaga-lembaga pendidikan berbasis TI. Lembaga-lembaga pendidikan ini nantinya akan turut berkontribusi dalam pembangunan ekosistem Digital Hub.

Saat ini, Sinar Mas Land telah bekerja sama dengan GeeksFarm, lembaga pendidikan TI yang menawarkan pelatihan dalam bidang programming bagi masyarakat mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Selain GeeksFarm, Sinar Mas Land juga bekerja sama dengan Purwadhika Startup & Coding School. Purwadhika Startup & Coding School sendiri merupakan institusi pendidikan yang menawarkan beragam program pendidikan dan pengetahuan tentang dunia teknologi informasi, khususnya di bidang startup dan keahlian coding. Berbarengan dengan groundbreaking ini adalah peresmian kerja sama dengan Universitas Amikom Yogyakarta guna mengembangan teknologi animasi dan 3D di tanah air.

0 komentar :

Posting Komentar