Minggu, 24 Desember 2017

Intel Akan Hapus Royalti Thunderbolt 3


Agar adopsi Thunderbolt 3 makin luas, Intel berencana untuk menghapus royalti Thunderbolt 3. Dengan demikian, produsen yang hendak menggunakan Thunderbolt 3 akan bisa menekan biaya yang diperlukan. Thunderbolt adalah antarmuka yang sudah tersedia sejak lama walau memang belum setua USB. Thunderbolt dirancang oleh Intel bekerja sama dengan Apple untuk menjadi antarmuka dengan bandwidth besar untuk berbagai perangkat eksternal. Thunderbolt lazim digunakan oleh notebook keluaran Apple, namun tidak demikian halnya dengan notebook keluaran produsen lain pada umumnya.Tak begitu luasnya adopsi ini sedikit banyak memengaruhi Intel untuk menghapus royalti Thunderbolt 3. Penghapusan ini direncakan akan dilakukan pada tahun depan. Berhubung tak perlu membayar royalti, biaya yang diperlukan untuk mengadopsi Thunderbolt 3 pun akan berkurang.

Seperti USB yang telah mengalami berbagai peningkatan, begitu pula dengan Thunderbolt yang kini telah mencapai versi 3. Thunderbolt 3 menawarkan beberapa peningkatan dari versi sebelumnya. Salah satunya adalah bandwidth teoritis maksimal yang bisa didukungnya. Bila pada Thunderbolt bandwidth teoritis maksimal itu sebesar 10 Gbps dan di Thunderbolt 2 naik menjadi 20 Gbps, Thunderbolt 3 menawarkan bandwidth teoritis maksimal sebesar 40 Gbps. Bandwidth teoritis maksimal dari Thunderbolt 3 ini lebih besar dari bandwidth teoritis maksimal yang ditawarkan USB 3.1 Gen 2. USB 3.1 Gen 2 “hanya” menawarkan bandwidth teoritis maksimal sebesar 10 Gbps. Hal lain yang juga menarik dari Thunderbolt 3 adalah konektor yang digunakan. Konektor dari Thunderbolt 3 memanfaatkan USB Type-C. Sebelumnya konektor yang digunakan adalah mini-DisplayPort. Menurut Intel, tujuan dari penggunaan USB Type-C ini adalah agar Thunderbolt 3 menjadi antarmuka dengan konektor ringkas untuk banyak keperluan.

Thunderbolt 3 memang dilengkapi pula dengan USB 3.1 Gen 2. Jadi, suatu konektor Thunderbolt 3 di sebuah notebook yang hadir dalam rupa port USB Type-C bisa juga digunakan layaknya USB 3.1 Gen 2. Dengan kata lain, aneka perangkat USB dengan konektor USB Type-C bisa langsung dipasangkan padanya. Selain itu, Thunderbolt sejak awalnya juga telah menyertakan DisplayPort. Untuk Thunderbolt 3, DisplayPort yang disertakan adalah yang versi 1.2. Terintegrasi di Prosesor Intel juga mengumumkan akan mengintegrasikan Thunderbolt 3 pada prosesornya. Selama ini Thunderbolt 3 ditawarkan melalui chip tambahan. Dengan chip tambahan, biaya yang diperlukan oleh produsen untuk menawarkan Thunderbolt 3 pada produknya seperti notebook pun meningkat. Belum lagi chip tambahan yang ditawarkan Intel tersebut juga membutuhkan dayanya sendiri.

Berhubung Thunderbolt didasarkan pada PCI-Express dan Thunderbolt 3 menggunakan PCI-Express 3.0 x4, chip tambahan tersebut akan membutuhkan PCI-Express 3.0 x4 dari sistem. Meski biasanya PCH atau chipset Intel masa kini menawarkann lajur PCI-Express 3.0 yang tak sedikit, koneksinya ke CPU menggunakan DMI 3.0. DMI 3.0 tersebut didasarkan pada PCI-Express 3.0 x4. Bila dihubungkan ke sistem melalui PCH, saat beroperasi penuh, Thunderbolt 3 akan “berebut” bandwidth dengan perangkat lain yang terhubung ke PCH seperti media simpan internal dan kartu suara tambahan. Memang bisa saja menggunakan lajur PCI-Express 3.0 dari prosesor. Meskipun begitu, tak semua prosesor Intel menawarkan lajur PCI-Express 3.0 yang berlimpah. Pada prosesor desktop Intel untuk konsumen misalnya, yang menawarkan lajur PCI-Express 3.0 lebih dari enam belas adalah prosesor kelas high end.

Kebanyakan prosesor desktop Intel untuk konsumen menawarkan lajur PCI-Express 3.0 hanya sampai enam belas. Keenam belas lajur tersebut peruntukkannya cenderung kepada kartu grafi s tambahan. Dengan kata lain, kinerja kartu grafis tambahan yang dipasang bisa berkurang bila sebagian lajur PCI-Express 3.0 yang ada diambil untuk Thunderbolt 3. Nah, dengan mengintegrasikan Thunderbolt 3 secara langsung pada prosesor, permasalahan seperti ini bisa diatasi. Dengan biaya yang lebih ringan dan makin mudahnya menyediakan Thunderbolt 3, diharapkan makin banyak PC desktop maupun notebook yang menggunakannnya. Dengan makin lazimnya Thunderbolt 3, pilihan perangkat eksternal yang menggunakannya pun seharusnya makin banyak.  

0 komentar :

Posting Komentar