Senin, 04 Desember 2017

Armageddon Nanotron T1X, Case PC Gaming nan Compact

Armageddon Nanotron T1x Case PC
Ketika mendengar sebutan casing PC khusus gaming, pasti banyak orang berpikir bahwa casing tersebut memiliki harga yang tinggi. Akan tetapi PowerLogic berhasil mematahkan opini tersebut dengan menghadirkan sebuah casing PC gaming murah dari divisi gaming “Armageddon” miliknya, dimana mereka mampu menghadirkan Armageddon Nanotron T1x yang dibanderol dengan harga resmi yang sangat terjangkau, yakni Rp 260.000,00. Dengan harga tersebut, casing ini tampil dengan desain yang cukup menarik mata. Dengan harga jual kurang dari tiga ratus ribu rupiah, casing ini masih dilengkapi dengan sistem cable-management dan jendela acrylic. Selain itu casing ini-pun sudah menggunakan desain peletakan unit power-supply pada bagian bawah dan sudah didesain untuk menampun berbagai hardware kelas high-end berukuran besar dengan sedikit kekurangan, dimana casing ini tidak dilengkapi dengan drive-bay 5,25 inch, sehingga pengguna casing harus menggunakan optical drive eksternal untuk membaca disc milik mereka.

Fitur & Spesifikasi
Berdasarkan info yang saya dapatkan dari situs resminya, leafroglobal berikut spesifikasi casing Nanotron
T1X beserta fitur yang dimilikinya:
  • Memiliki ketebalan casing 0,45mm
  • Konektivitas: 1 x USB 3.0, 1 x USB 2.0, 1 x Audio Port dan 1 x Microphone port
  • Storage: 1 x 2,5" SSD Mounting, 2 x 3,5" Internal Drive Bay
  • Cooling: Support 5 x 120mm fan (fan tidak termasuk didalam casing)
  • Mendukung motherboard ukuran Mini-ITX dan Micro-ATX
  • Manajemen kabel
  • Support VGA Card High End dengan panjang 290mm
  • Dimensi 420 x 360 x 200mm 
  • Memiliki berat kosong sekitar 3,2Kg
Paket Penjualan
Tools Case Nanotron t1XKetika pertama kali mendapati unit ini, box yang diberikan sangat baik. Cukup terlihat jelas produk casing tersebut pada box dan juga informasi yang diberikan. Ukurannya tidak bisa dibilang kecil, malah hampir sebesar casing-casing murah pada umumnya. Tidak butuh waktu lama, setelah saya membuka boxnya, selain casing hanya terdapat beberapa baut tambahan yang diberikan. Tidak ada informasi seperti buku manual.

Kemudian pada casing Nanotron T1X ini tidak ada satupun fan yang diberikan. Padahal awalnya saya mengira ada satu fan bagian depan, namun ternyata dari boxnya pun sudah dijelaskan "Fan not included" yang berarti fan memang tidak termasuk didalamnya. Cukup wajar memang, apalagi melihat harga yang diberikan casing ini, sangat menggiurkan.

Tampilan Luar dan Dalam Casing
Panel Atas Case Nanotron t1X
Pada bagian atas casing ini, hanya terdapat 2 port USB saja (1 x USB 2.0 dan 1 x USB 3.0) dan juga port Audio dan Microphone. Sebenarnya 2 port terlalu sedikit, apalagi casing ini tidak menyediakan drive bay tambahan. Cukup disayangkan namun mungkin karena pertimbangan harga menjadikan armageddon Nanotron T1X memangkasnya. 

Melongok kebagian dalam casing Nanotron T1X cukup bisa memberikan gambaran motherboard yang akan dipasang. Dukungannya hanya sebatas mainboard Micro ATX, jangan coba-coba memasangkan motherboard standar ATX, nggak bakal muat. Penilaian saya pribadi mengenai bagian dalam casing ini cukup minimalis dan compact. Selain ukuran mainboard yang dipangkas, jumlah drive bay untuk harddisk pun terbilang minim, terhitung hanya 2 harddisk yang bisa dipasang. 

Selain itu, casing Nanotron T1X ini pun tidak menyediakan drive bay untuk ODD (optikal disk drive). Solusinya kita harus membeli DVD-RW eksternal sebagai penggantinya. Satu hal kelebihan casing ini adalah kita bisa memasang 5 fan sekaligus, tiga pada bagian depan, satu bagian atas dan satu lagi pada bagian belakang. Cukup baik sirkulasi udara yang diterapkan pada casing ini. 
Kabel Panel Depan Nanotron T1X
Instalasi
Pada bagian instalasi perangkat didalam casing Nanotron T1X, saya menggunakan komponen kelas atas, sesuai tema casing ini. Begitupun juga perangkat lainnya. Mainboard yang saya gunakan berukuran micro ATX. Saya memasangkan dua hardisk didalam casing ini, satu berjenis konvensional dan satu lagi SSD. Untuk pemasangan harddisk sendiri tidak terlalu sulit, terbilang cukup mudah dan sederhana. Bahkan pada pemasangan SSD, kita tidak membutuhkan bracket tambahan, hanya memasangkan 4 baut sebagai pengunci SSD tersebut. 
Casing ini pun tidak jauh berbeda dengan saudaranya yaitu Hectotron yang menyediakan ruang untuk mengatur kabel-kabel PSU. Ruang yang diberikan terbilang pas-pasan, namun hebatnya case ini bisa muat dipasangi Liquid Cooler lho. Saya sendiri mengalami kendala ketika akan menutup casing samping bagian kanan, sedikit menggunakan tenaga. Padahal saya sudah berusaha untuk memaksimalkan kabel-kabel tersebut namun masih juga menjadi hambatan.

Kesimpulan 
Casing Armageddon Nanotron T1X memiliki tampilan yang sangat baik. Kecil dan minimalis namun bisa dipasangkan kartu grafis kelas berat didalamnya. Adanya kabel manajemen, port USB 3.0, jumlah fan yang bisa dipasang dan juga side panel akrilik menjadikan casing ini pilihan paling baik untuk gamer bugdet ketat. 

Disamping kelebihan yang telah saya utarakan, ada kekurangan yang cukup saya rasakan disini. Tidak jauh berbeda dengan saudaranya Hectotron, kualitas cat pada Nanotron pun sama, cukup tipis, rentan untuk tergores. Selain itu, ruang pada bagian kabel manejemen tidak terlalu luas dan satu hal lagi, tidak adanya tempat untuk memasang DVD-ROM. 

Casing ini sangat saya anjurkan bagi kalian yang ingin membangun komputer gaming minimalis tapi dengan konsekuensi dihilangkan DVD-ROM dalam list belanja. Harga yang murah namun fitur-fitur didalamnya sangat menggoda. Saya sangat rekomendasikan casing ini.

2 komentar :

Ini pasang SSD nya harus sebelum motherboard ya gan?

Betul gan, itu untuk SSD yang di belakang rangka casing. Klo mau satu slot SSD bisa juga ngambil slot di salah satu HDD terus dibaut.

Posting Komentar