Minggu, 24 Desember 2017

Apacer AS340 120 GB, SSD Murah nan Cukup Kencang

SSD Apacer Panther AS340Dibandingkan pada awal kemunculannya dahulu, SSD masa kini menawarkan harga yang lebih terjangkau, walau memang belum seterjangkau HDD. Salah satu faktor yang membantu makin terjangkaunya harga dari SSD adalah penggunaan TLC NAND fl ash memory. Berhubung menawarkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar untuk setiap selnya, TLC NAND flash memory bisa menekan biaya yang diperlukan dalam menghadirkan SSD berkapasitas sama. Hal ini khususnya terlihat jika dibandingkan dengan pemanfaatan MLC NAND flash memory.

Tak hanya menggunakan TLC NAND fl ash memory, Apacer AS340 120 GB pun hadir dengan kapasitas yang saat sekarang bisa dibilang tidak besar, yakni 120 GB. Kombinasi kedua hal ini tentunya membantu relatif terjangkaunya harga SSD dengan lambang panther dari Apacer tersebut. Dengan harga 700 ribu rupiah, Apacer AS340 120 GB tidak akan membuat kantong Anda jebol. Salah satu model penggunaan yang cocok untuk Apacer AS340 120 GB ini adalah sebagai boot drive yang menampung sistem operasi dan sejumlah aplikasi (termasuk game) pilihan beserta data-datanya. Jika memang memiliki data lain yang berukuran besar, aneka data tersebut bisa disimpan di media simpan lain yang berukuran besar, dengan harga per megabyte-nya lebih terjangkau seperti halnya HDD.

Lalu bagaimana dengan kinerjanya sendiri? TLC NAND flash memory memang bisa menekan biaya, namun kinerja yang ditawarkan biasanya lebih rendah dari MLC NAND fl ash memory. Salah satu yang paling mencolok adalah pada kecepatan penulisan. Itulah sebabnya banyak SSD dengan TLC NAND fl ash memory menyediakan cache yang memiliki kecepatan penulisan lebih tinggi dari TLC NAND fl ash memory yang dimanfaatkannya itu.

Dari hasil pengujian menggunakan HD Tune Pro 5.60 dengan block size 64 kB misalnya, hal serupa juga terlihat pada Apacer AS340 120 GB. Setelah cache penuh, SSD ini hanya menulis dengan kecepatan sequential kurang dari 75 MB/s. Meskipun begitu, pada model penggunaan sebagai boot drive di atas, penulisan berukuran besar semestinya jarang terjadi. Dengan kata lain, pada model penggunaan seperti ini, Apacer AS340 120 GB tetaplah menawarkan kelebihan yang diharapkanb dari sebuah SSD terhadap HDD.
Spesifikasi Apacer AS340 Panther
Form Factor
2,5” (7 mm)
Antarmuka
SATA 6 Gbps
Kapasitas
120 GB
Controller
Tidak disebutkan
DRAM Cache
Tidak disebutkan
Flash Memory
TLC NAND
P/E Cycle
Tidak disebutkan
Masa Pakai / MTBF
30 TBW / 1.500.000 jam
Aplikasi
   Ya; Apacer SSD Widget
Kelengkapan
   SATA port cover
Garansi
  3  tahun





Plus Minus
(+) Harga relatif sangat ringan di kantong
(-) Kecepatan penulisan setelah cache habis rendah
(-) Kelengkapan pada paket minim

Kesimpulan
Dengan harganya yang relatif sangat terjangkau, Apacer AS340 120 GB cocok bagi yang ingin beralih ke SSD dengan anggaran terbatas. Syaratnya tentu saja kebutuhan calon penggunanya itu harus bisa terpenuhi dengan kapasitasnya yang 120 GB. Jadi perangkat ini misalnya hanya difungsikan sebagai boot drive dengan sistem operasi plus aplikasi pilihan.

0 komentar :

Posting Komentar