Minggu, 24 Desember 2017

HP N240, Monitor Untuk Kalangan Bisnis

N240 adalah salah satu monitor dari HP yang ditujukan untuk bisnis alias ditujukan untuk pekerjaan di kantor. Hadir dengan bezel kiri, kanan, dan atas yang relatif tipis, HP mengklaim dua atau lebih monitor ini cukup ideal untuk diletakkan berdempetan membentuk satu tampilan. Ini bisa menjadi bahan pertimbangan bagi yang membutuhkan kombinasi monitor seperti itu. Meskipun begitu, penempatan panel kontrol di sisi belakang HP N240 membuat panel kontrol tersebut sulit diakses tatkala dua atau lebih monitor ini diletakkan berdampingan secara dempet. Untungnya ada aplikasi HP Display Assistant. Dengan HP Display Assistant, pengaturan dari HP N240 bisa dilakukan dari sana.

Adapun hal yang bisa diatur, meski tak sama persis antara panel kontrol dan HP Display Assistant, cukup banyak. Tak sebatas mengatur, aplikasi tersebut juga membolehkan pengguna melakukan kalibrasi warna dan menawarkan beberapa fi tur lainnya. Berbagai pengaturan yang dilakukan bisa disimpan ke dalam preset. Bila yang menggunakan PC dengan monitor ini lebih dari satu orang, masing-masing tinggal memanggil preset yang sesuai tatkala menggunakannya.

Untuk koneksinya ke PC desktop maupun perangkat lainnya, HP N240 menyediakan 1 port D-Sub 15 pin dan 1 port HDMI. Layarnya sendiri menggunakan IPS dan memiliki ukuran diagonal 23,8 inci. Resolusinya adalah full HD alias 1.920 x 1.080 pixel, dukungan warnanya sampai 16,7 juta warna (8 bit), dan contrast ratio-nya sebesar 1.000:1. Seperti beberapa monitor LCD dengan panel IPS yang pernah diuji sebelumnya, HP N240 kurang mampu menampilkan warna hitam pekat dengan baik alias black level-nya kurang bagus. Selain itu, kekurangan utama lainnya dari HP N240, setidaknya pada perangkat yang kami uji, adalah uniformity yang kurang baik. Misalnya saat seluruh bagian layar menampilkan warna putih yang sama, warna putih yang seharusnya sama itu akan terlihat berbeda. Satu hal lagi, font berukuran enam point juga agak sulit dibaca. Meskipun begitu, secara keseluruhan, monitor ini tidak memiliki masalah berarti untuk penggunaan yang umum.

Melengkapi peruntukan untuk bisnis, HP N240 juga dilengkapi dengan fasilitas yang disebut dengan Low Blue Light. Tujuannya tentu saja untuk mengurangi cahaya biru yang dihasilkan agar mata penggunanya bisa lebih nyaman meski menggunakan HP N240 dalam waktu lama. Ada juga security lock slot untuk keamanan secara fisik (dengan kunci opsional).
Spesifikasi Monitor HP N240
Ukuran Layar
23,8”
Jenis Panel
IPS
Resolusi
1.920 x 1.080 pixel (16:9) @ 60 Hz
Kedalaman Warna
8 bit
Color Gamut
sRGB 72% (typical)
Tingkat Kecerahan
250 cd/m 2 (typical)
Rasio Kontras
1.000:1/5.000.000:1 (statis/dinamis)
Respon Time
5 ms (GTG)
Interface
  HDMI In, D-Sub 15 pin In
Fitur Lain
  Viewing Modes, Black Stretch, Response Time, Sleep Timer
Dimensi (plt)/bobot
  53,9 x 15,2 x 40,2 cm / 3.4 kg
Daya listrik
  20/18/0,5 W (maksimum/typical/sleep)
Garansi: 3 tahun (termasuk panel)
Harga: Rp. 2.200.000,-

Plus Minus
(+) Menawarkan jumlah opsi pengaturan yang lumayan, tersedia aplikasi HP Display Assistant.
(-) Black level kurang bagus, uniformity kurang baik, font enam point agak sulit dibaca.

Kesimpulan
HP N240 hadir dengan beberapa fitur yang bisa mengoptimalkan penggunaannya untuk bisnis. Adanya aplikasi HP Display Assistant pun makin memudahkan penggunaan monitor ini untuk keperluan tersebut.

0 komentar :

Posting Komentar