Minggu, 14 Desember 2014

Siapkah Indonesia Terapkan Teknologi 4G LTE?

Long Term Evolution, atau lazim disingkat dengan LTE, merupakan standar baru untuk meningkatkan kapasitas dan kecepatan jaringan saat ini. LTE menggunakan radio yang berbeda, namun tetap menggunakan dasar jaringan GSM / EDGE dan UMTS / HSPA. LTE sering disebut dengan istilah 4G (generasi keempat), untuk membedakannya dengan jaringan 3G. Penerapan teknologi telekomunikasi terbaru 4G LTE (Long Term Evolution) sudah dilakukan oleh banyak negara. Kini, Indonesia pun menjadi negara yang sedang berupaya untuk mengadopsi teknologi LTE tersebut. Perkembangan handset yang semakin canggih tentunya berbanding lurur pada konsumen layanan telekomunikasi kepada service provider (operator telekomunikasi). Hal tersebut diakui oleh Marketing Director Huawei Tech Investment Indonesia, Mark Donnelly, sebagai salah satu alasan mengapa teknologi 4G ini harus sudah mulai diadopsi di Tanah Air.

"Teknologi ini lebih baik dari 3G dalam urusan layanan data yang sudah banyak menjadi kebutuhan oleh pengguna layanan komunikasi Indonesia," kata Donnelly

Menurut Donelly, urusan infrastruktur telekomunikasi di Indonesia telah siap menerapkan teknologi LTE dan hal ini akan membantu operator melakukan efisiensi serta penghematan biaya investasinya. 

"Perangkat yang kini digunakan oleh operator komunikasi di Indonesia saat ini juga telah siap untuk LTE. Mungkin ada penambahan alat tapi tidak terlalu besar biayanya karena penambahannya tak banyak," ujarnya.

Sedangkan dari sisi pelanggan, teknologi 4g LTE diklaim sanggup memenuhi kebutuhan akan layanan data yang kian tinggi. Kapabilitas jaringan 4G untuk layanan data digadang-gadang adalah yang terbaik untuk saat ini. Pemerintah Indonesia sendiri telah menetapkan bahwa layanan 4G LTE sudah bisa digelar di frekuensi 2,3 Ghz. Frekuensi tersebut sebelumnya digunakan untuk layanan Wi-Max namun pemerintah sudah mengalokasikannya sebagai ruang teknologi netral. Lantas kapan teknologi 4G akan benar-benar bisa dinikmati oleh pelanggan telekomunikasi di Indonesia? Jawabannya ialah tidak akan lama lagi. Kita tunggu saja.



0 komentar :

Posting Komentar