Rabu, 31 Desember 2014

Busyet..! Inilah Flashdisk 1 Terabyte dari Kingston

Ngomong-ngomong soal flashdisk nih, kira-kira berapa sih kapasitas flashdisk milik sobat? Pastinya sih berkisar dar 8 GB ampe 32 GB, iya kan? Zaman sekarang kalo nggak punya flashdisk ya bisa repot kalo mau nyimpen data-data, film ataupun kalo mau nge-print di rental. Tapi ada juga beberapa pabrikan yang mengeluarkan flashdisk dengan kemampuan menyiman data yang sangat besar, bahkan nyampe 1 TeraByte (TB) lho, alias 1000 GB. Ajib..! Tahun kemarin, pabrikan perangkat komputer Kingston memperkenalkan produk USB flash drive berkapasitas 256 GB. Tahun kemarin di pameran CES 2013, produsen yang sama meningkatkan kapasitas penyimpanan tersebut empat kali lebih tinggi menjadi 1 TeraByte (TB).

Meski berkapasitas bongsor, flash drive yang diberi nama Kingston DataTraveler HyperX Predator 3.0 ini tak lantas bertubuh bongsor pula. Ukurannya masih sebanding dengan rata-rata produk flash disk lainnya kok (88,53mm x 26,94mm x 21 mm). Tidak hanya mengusung kapasitas jumbo, dengan antar-muka USB 3.0, HyperX Predator 3.0 pun menjanjikan kecepatan transfer data setara solid-state drive (SSD) yakni sekitar 240 MB/s untuk kecepatan baca (read) dan 160 MB/s untuk kecepatan tulis (write).

Menyoal kualitas materialnya, nama besar kingston seri HyperX tak perlu diragukan lagi, bagian body-nya terbuat dari logam zync alloy metal yang diklaim memberi ketahanan terhadap benturan. Sebagai pemanis disertakan juga Kingston key ring dan HyperX valet keychain dalam paket pembeliannya.

Produk ini ternyata sudah tersedia di pasaran Indonesia pada kuartal kedua tahun 2013. Harganya saya juga belum tahu, tetapi versi 512 GB dari flash disk ini saja dibanderol seharga 1.750 dollar AS atau lebih dari Rp 16 juta, Wow..! Bisa jadi, versi 1 TB akan dihargai hampir dua kali lebih mahal. Untuk pengguna yang tidak memiliki kocek bejibun sedalam itu untuk sebuah flashdisk, Kingston juga sudah menyediakan versi HyperX Predator 3.0 ini dalam pilihan kapasitas 32 GB dan 64 GB. Anda mungkin berminat?



0 komentar :

Posting Komentar