Rabu, 31 Desember 2014

Microsoft Akan Pensiunkan Internet Explorer

Setelah dua dekade menemani perjalanan peselancar dunia maya, Microsoft berencana untuk mem-pensiunkan browser andalan mereka. Internet Explorer telah begitu lekat sebagai peramban bawaan sistem operasi Microsot Windows. Tak dapat dipungkiri, pasar browser mengalami persaingan yang ketat dengan hadirnya Mozilla Firefox, Opera dan juga Google Chrome beberapa tahun silam. Peramban besutan Microsoft tersebut kalah bersaing dan pasarnya terus tergerus dengan peramban kompetitornya. Hal ini disebabkan oleh banyaknya kelemahan pada IE, seperti loading halaman web yang terlalu lambat, celah keamanan dan bugs yang sering dimanfaatkan hacker, serta tidak ada dukungan ekstensi maupun add-on pada browser. Semua itulah yang menyebabkan publik ramai-ramai meninggalkan IE dan berpaling kepada browser lainnya.

Menurut sumber orang dalam Microsoft, perusahaan tersebut berniat untuk menggantikan Internet Explorer dengan browser lain. Tak hanya nama saja yang berubah, namun browser baru tersebut akan menggendong teknologi baru yang lebih baik. Santer disebut-sebut, Spartan adalah browser baru yang akan dilahirkan bersamaan dengan sistem operasi Windows 10. Spartan tidak hanya datang dengan nama yang baru, akan tetapi juga dengan tampilan dan teknologi anyar sehingga membuatnya menjadi lebih ringan. Browser baru itu akan menjadi jauh lebih ringan, karena Spartan akan menggunakan mesin bernama Chakra JavaScript dan Trident untuk rendering engine miliknya.

Menariknya lagi adalah, Spartan juga akan ditambahkan dengan fitur ekstensi seperti yang dimiliki oleh browser Chrome dan juga Firefox. Karena memang Windows 10 sendiri dirancang sebagai OS lintas platform. Sebagai langkah awal, Internet Explorer tidak akan serta merta dimatikan begitu saja. Untuk langkah antisipasinya, Microsoft tetap menghadirkan browser ini bersama dengan Spartan, untuk jaga-jaga jikalau pengguna tak suka dengan peramban baru besutan Microsoft tersebut.

Internet Expolrer pertama kali hadir pada medio dekade 90an, saat itu Microsoft memperkenalkan sistem operasi Windows 95. Internet Explorer sempat merajai browser dunia dan mengecap masa kejayaan hingga tahun 2008, setelah itu browser IE mulai ditinggalkan penggunanya yang beralih menggunakan peramban dari kompetitor seperti Firefox, Safari, Opera dan juga Chrome. Moga saja browser baru Microsoft memberikan peningkatan performa yang lebih baik dibanding IE Kita tunggu saja!



0 komentar :

Posting Komentar