Minggu, 14 Desember 2014

Keunggulan & Spesifikasi Yamaha YZF R15

Yamaha Motor Indonesia kembali menggebrak pasar otomotif roda dua tanah air dengan meluncurkan motor sport Yamaha YZF R15 di tahun ini. Motor balap berkapasitas silinder 150 cc ini merupakan motor sport full fairing yang sebelumnya telah ada di India, namun mengalami peningkatan kualitas materialnya untuk pasaran Indonesia. Sejatinya Yamaha tidak berencana memboyong sepeda motor ini ke tanah air, namun berkat permintaan & dorongan yang kuat dari para Bikers Indonesia, maka Yamaha pun mengabulkan permintaan tersebut. Yamaha R15 memiliki beberapa aspek yang mirip dengan Yamaha V-ixion seperti bagian body, rangka dan spesifikasi mesinnya. Namun Yamaha R15 memiliki beberapa keunggulan dibanding V-ixion. Harga motor ini pun sedikit lebih mahal daripada V-ixion. Yamaha R15 diluncurkan oleh pabrikan Yamaha untuk menyaingi eksistensi dari Honda CBR150RR dan Kawasaki Ninja RR. Yamaha mengisi kekosongan di segmen tersebut dengan motor laki. Apakah motor Yamaha 150cc terbaru tahun 2014 ini akan sukses memenuhi jalanan di Indonesia? Disini News-Mojo akan mencoba membahas spesifikasi dan kelebihan Yamaha R15 untuk para pembaca setia. Berikut ulasan kami.

Yamaha YZF R15 nampaknya terinspirasi oleh V-ixion, bagaimana tidak, spesifikasi dari Yamaha R15 hampir sama dengan spesifikasi Yamaha V-ixion namun dengan beberapa ubahan yang membuatnya semakin sporty. Bentuk fairing yang sporty dengan unsur sport modern yang kental ketika kita melihat body-kit-nya. Sistem rangka Delta box menjadi andil utama terhadap efisiensi bobot dan tampilannya yang cukup ringkas. Spesifikasi Yamaha R15 ini juga semakin tangguh dengan dual lamp yang berada pada headlamp-nya, sehingga mampu memberikan pencahayaan nan maksimal. Selain itu Spesifikasi Yamaha R15 dilengkapi dengan Alumunium Swing Arm dengan desain ala Superbike yang maskulin, gagah, dan stabil yang merupakan inovasi pertama di Indonesia. Motor sport ini sendiri menggunakan sistem Electric Starter sebagai pengampu pada sistem straternya. Untuk pilihan warna ada 3 warna yang bisa anda pilih yaitu Midnight Black (hitam dan abu-abu), Supernova Red (Merah-Putih), dan Racing Blue(Biru-Putih). Nah yuk sekarang kita lanjut ke spesifikasi motor Yamaha R15 untuk bagian dapur pacunya.
Spesifikasi Yamaha YZF R15
Kapasitas mesin 
149.8cc
Tipe Mesin 
SOHC
Rasio Kompresi 
10.4 : 1
Max Power 
14.8 PS/8500 RPM
Max Torque 
13.10 nm/7500 RPM
Bore x Stroke 
57mm x 58.7 mm
Sistem Pengkabutan 
Injeksi
Transmisi 
6 – Speed
Sistem Pendingin
Radiator
Ukuran Ban Depan
90/80-17 Tubeless
Ukuran Ban Belakang 
130/80-17 Tubeless
Rem Depan 
Cakram 245mm
Rem Belakang
Cakram 220mm
Suspensi Depan
Telescopic
Suspensi Belakang
Link Type Monocross
Kapasitas tangki
12 Liter
Rangka 
Delta Box
Speedometer
Semi Digital
Setelah kita bahas spesifikasi R15, sekarang kita akan meninjau kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh motor ini. Untuk urusan body, Yamaha R15 ini memiliki body yang mirip dengan Vixion, namun terlihat lebih gahar dan elegan. Kerangka yang membentuk bodynya pun terlihat lebih ringan dengan bobot hanya 136 kg. Kelebihan Yamaha R15 ini juga patut kita acungi jempol pada mesinnya & gearbox karena sudah mengadopsi sistem 6-percepatan yang membuat akselerasi dari Yamaha YZF R15 ini akan semakin responsif dan cepat.Kelebihan Yamaha R15

Aspek positif Yamaha R15 ini juga terlihat dari lampunya yang sudah menggunakan LED. Selain itu Yamaha R15 ini telah menggunakan Aluminium Swing Arm yang merupakan pertama di Indonesia. Tenaga yang disemburkan oleh motor ini juga maksimal karena dapat mencapai 14.8 PS pada 8500 RPM dengan teknologi injeksi mampu menawarkan dapur pacu yang didambakan oleh para pecinta motor sport 150cc. Dan tentunya kelebihan Yamaha R15 indonesia ini adalah merupakan perbaikan dari Yamaha R15 versi India yang terlebih dahulu. Dengan perbaikan ini tentunya Yamaha YZF R15 versi Indonesia ini akan lebih baik dari versi India baik dari segi body kit, material maupun mesinnya.



0 komentar :

Posting Komentar