Rabu, 31 Desember 2014

Kapan Standar Penyimpanan USB 3.1 akan Dirilis?

Universal Serial Bus atau lebih familiar dengan singkatan USB, telah mengalami evolusi dari sejak pertama meluncur pada tahun 1996 dengan USB 1.0, kemudian dilanjut USB 2.0 pada tahun  april tahun 2001, dan terakhir USB generasi 3.0 dirilis pada akhir tahun 2008 silam. Saat ini sedang direncanakan standar baru penyimpanan flash USB 3.1, lalu kapa sih akan dirilisnya? Menurut beberapa situs teknologi tersohor, penyimpanan flash dengan standar koneksi USB 3.1 rencananya akan dirilis di ajang Consumer Electronic Show (CES) 2015 awal tahun 2015. Vendor pertama yang akan merilisnya adalah Adata. Namun, belum ada informasi resmi berapa kapasitas penyimpanan yang akan dirilis oleh Adata dengan standar port penyimpanan flash terbaru ini, banyak pihak yang berspekulasi memprediksi kapasitasnya berkisar antara 128 GB hingga 1 TB.

Dari segi konektivitas, flashdisk yang akan dibuat oleh Adata dikatakan akan mempunyai koneksi Bluetooth sehingga bisa dipasangkan dengan perangkat mobile (smartphone atau tablet). Bluetooth tersebut juga berfungsi untuk kunci pengaman perangkat mobile seperti smartphone dan sebagainya.
Standar USB 3.1 diumumkan pertama kali pada bulan Juli 2013 lalu. Standar koneksi baru tersebut diklaim mampu memberikan kecepatan transfer hingga 10 Gbps. Kecepatan tersebut tiga kali lebih cepat dibandingkan dengan standar USB 3.0 yang mulai populer akhir-akhir ini. Bahlan, para pakar teknologi komputer meyakini kecepatan standar USB 3.1 juga akan menyamai rata-rata transfer standar koneksi Thunderbolt yang dikembangkan oleh Intel.

Selain kecepatan yang lebih kencang, standar USB 3.1 juga memiliki port bolak-balik universal yang bisa menggantikan baik port USB maupun microUSB, serta juga dapat mengalirkan arus daya hingga 100 Watt yang cukup untuk menghidupkan laptop atau monitor tertentu. USB 3.1 juga akan kompatibel ke belakang (backward) dengan perangkat USB yang telah beredar saat ini. USB 3.1 diharapkan bisa menarik minat para pengguna perangkat mobile sekaligus komputer konvensional.



0 komentar :

Posting Komentar