Jumat, 26 Desember 2014

Proyek PRISM, AS Mata-Matai Internet Dunia

Geger kabar bocornya proyek ambisius untuk memata-matai dan menyadap jaringan internet di seluruh dunia, membuat berbagai negara resah. Rahasia pemerintah Amerika Serikat memberikan NSA (NAtional Security Act) akses ke data pengguna internet pada beberapa perusahaan teknologi besar untuk memata-matai aktivitas mereka. Proyek tersebut dinamakan PRISM, singkatan dari Planning Tool for Resource Integration, Synchronization, and Management. Program ini digunakan untuk mengumpulkan dan memanipulasi data beberapa Perusahaan besar yaitu, Microsoft, Google, Apple, Yahoo, AOL, Facebook, PalTalk, Skype dan Youtube. 98% data yang dikumpulkan oleh PRISM berasal dari Yahoo, Google, dan Microsoft.

Informasi ini bocor berkat mantan pegawai CIA dan Kontraktor IT, Edward Snowden yang telah membocorkan Slide Powerpoint sebanyak 41 halaman tentang program ini ke The Guardian dan The Washington Post. PRISM mengklaim memiliki akses langsung ke server-server sembilan perusahaan internet raksasa di AS. Tentu saja ini mengguncang jagat datacenter dunia karena sebagian besar server dunia berada di AS. Timbul pertanyaan bagaimana kemananan data di sana? Snowden menceritakan, NSA punya program yang membuat lembaga keamanan negara Paman Sam itu bisa mendapatkan informasi yang ada di internet dan percakapan telepon.

"Cukup memakai program itu, maka mereka bisa melihat isi surat elektronik, kata kunci, percakapan telepon, dan penggunaan kartu kredit," jelasnya

Berikut slide yang diperoleh Washington Post, menggambarkan apa itu proyek PRISM, siapa yang terlibat, dan apa saja yang disadap. Proyek ini diklaim untuk menjamin keamanan AS dari serangan teroris. Berikut ini adalah slide skema penyadapan PRISM.

Slide1: Monitoring komunikasi sang target
Slide2: Perhatikan perusahaan yang terlibat dan data apa yang akan disadap
Slide3: Perhatikan kapan perusahaan IT di bawah ini bergabung dalam proyek Prism, diawali dengan Microsoft dan terakhir Apple



0 komentar :

Posting Komentar