Minggu, 11 Januari 2015

Tandingi Satria FU, Honda Siapkan Hyper-Underbone Sonic 150CC

Kegagalan Honda CS1 di pasar sepeda motor nasional, membuat pabrikan berlambang sayap mengepak itu menyiapkan penggantinya. Desakan para fanboy Sonic agar Honda menghidupkan kembali motor ayam jago gacoan Honda tersebut yang gencar, rupanya direspon oleh pihak pabrikan. Kehadiran motor baru ini disebut-sebut merupakan penerus dari Honda CS1 yang telah di-stop produksinya. Nantinya, motor ini disiapkan Honda untuk menandingi kedigdayaan Suzuki Satria FU 150, dan juga menjegal kehadiran Yamaha Exciter 150 atau Jupiter MX King 150cc yang bakal meluncur di Indonesia.  PT Astra Honda Motor (AHM) selaku ATPM resmi motor Honda di Indonesia kini mengaku tengah menyiapkan produk terbaru di kelas underbone yang mengusung mesin 150 cc.

New Honda Sonic 150 yang memiliki kode produk Honda K56 kemungkinan besar akan diluncurkan pada pertengahan tahun 2015. AHM sepertinya sudah gerah melihat geliat Suzuki Satria FU150 yang selama ini laris manis menguasai segmen hyper-underbone. Bahkan produk roda dua terlaris dari Suzuki Indomobil Sales adalah Satria FU150 ini menopang penjualan mereka selama beberapa tahun belakangan. Maklum saja motor ini tidak punya rival berat di pasaran, nyaris sendirian tanpa lawan. Next-generation Honda CS1 ini digadang-gadang sebagai Satria killer saat diluncurkan tahun depan, karena memang ditujukan untuk melawan dominasi Satria FU150. New Honda Sonic 150 kemungkinan akan diposisikan di antaraCB150R Streetfire dan Megapro FI, dengan banderol harga mulai sekitar Rp 19 jutaan (ilmu kira-kira).

Soal dapur pacu, kemungkinan akan mencomot mesin CB150R Streetfire yakni mesin single-cylinder 150cc DOHC 4-katup dengan pendingin radiator, sistem injeksi PGM-FI dan transmisi 6-speed. Powernya berkisar 16-17 HP dengan torsi sebesar 13,1 Nm, mungkin performa mesinnya bakal mendekati Honda CB150R. Sementara desainnya bakal lebih agresif dan kental dengan aura sporty, jauh berbeda dengan Sonic 125 dan Honda CS1 di masa lalu yang kurang sedap dipandang. Selain itu, Honda juga akan membekali All-New Sonic dengan LED headlight (lampu depan LED) dan fitur-fitur baru lainnya.

Namun, isu yang berkembang sejauh ini mengindikasikan bahwa Honda K56 akan dipecah menjadi dua produk yang berbeda, meliputi bebek 150cc dengan transmisi 5-speed dan hyper-underbone dengan transmisi manual 6-speed. Nah yang terakhir itu digadang-gadang sebagai All-New Sonic.



0 komentar :

Posting Komentar