Jumat, 02 Januari 2015

Asyiknya Memelihara Kucing Kampung

Cing..cing...cing! Itulah panggilan umum kepada si kucing yang lucu. Memelihara kucing sudah menjadi hobby bagi sebagian orang, kegiatan ini ampuh untuk menghilangkan stress akibat aktivitas anda sehari-hari. Tak ayal banyak yang mengidolakan kucing ras untuk dipelihara di rumah. Namun memelihara kucing galur murni seperti tipe Persia, Siam atau Angora memerlukan perawatan yang lebih intensif, makanan juga harus terjaga mutunya, kebersihan harus rutin dilakukan, dimandiin dan lain sebaganinya. Hal tentunya akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk memelihara kucing ras / galur murni. Nah, bagi anda yang ingin memelihara kucing namun tidak memerlukan banyak biaya ada nih alternatifnya. Yup, anda bisa memelihara kucing kampung yang ada di sekitar atau sering bertandang ke rumah anda. 

Lantas, apa sih bagusnya memelihara kucing kampung dibanding kucing ras? Eit, jangan salah, memelihara kucing kampung lebih banyak keuntungannya lho. Ini dia beberapa keuntungannya, akan saya jelaskan:
  • Kucing kampung tidak usah beli mahal-mahal, anda bisa mendapatkannya gratis, tinggal pungut aja yang ada di sekitar rumah dan sering-sering dikasih makan. Nanti juga dia akan betah berada di sekitar teras rumah. Kalo bisa ambil yang masih kecil ya, biar nurut kalo sudah besar nanti.
  • Kucing kampung tidak memerlukan perawatan yang intensif. Anda cukup memandikannya 2 minggu sekali. Kesehatankucing kampung akan terjaga bila ia lebih sering berada di sekitar rumah dan tidak memakan tikus. Cukup mudah kan merawat kucing kampung.
  • Makanan yang dimakan kucing kampung mudah didapat dan juga harganya murah. Yupz, anda tinggal menyediakan sepotong ikan pindang untuk dicampur denagn nasi, si kucing pun akan lahap memakannya. Dan bila ada sisa makanan tulang ayam (yang agak lunak) atau kepala ikan bekas anda makan, itupun bisa diberikan ke si kucing.
  • Tidak repot manyediakan tempat tinggal bagi kucing kampung. Kucing kampung cukup tidur di kursi teras depan rumah, anda tak perlu membuatkannya kandang atau memasukkan sang kucing kedalam rumah anda. Kucing kampung hanya akan masuk ke rumah pada siang hari untuk meminta makanan pada majikannya.
  • Kucing kampung sudah tahu sendiri untuk buang kotoran di halaman rumah yang berpasir. Anda cukup menyediakan sebidang tanah berpasir untuk tempat BAB kucing kampung.
Nah itu dia manfaat ataupun keuntungan jika kita memelihara kucing kampung, tidak serepot jika kita memelihara kucing ras kan? O y, saran saya kalo sobat ingin memelihara kucing kampung, pilihlah yang warnanya dominan putih dan ada sedikit warna merah, atau dalam bahasa jawa istilahnya motif "bangasem".  Tipe warna kucing ini memiliki wajah yang sangat menggemaskan dan biasanya bulunya juga halus. Sobat sendiri bagaimana, apakah sudah memelihara kucing kampung? Saya sertakan pula foto-foto kucing saya yang lucu.



0 komentar :

Posting Komentar