Jumat, 09 Januari 2015

4 Search Engine Terbesar & Paling Populer

Sejak tahun 2000, search engine mulai melakukan berbagai perbaikan. Muncul beberapa mesin pencari baru dari berbagai macam situs terkenal. Sebut saja mesin pencari yang paling sering digunakan, seperti, Google, Yahoo, Bing, dan Baidu. Mereka telah memperbaiki berbagai kelemahan yang ada pada mesin pencari sebelumnya. Sekarang mesin pencari seperti ke-empat yang telah disebutkan diatas, terkenal dengan keakuratannya dalam mencari sebuah kata kunci tertentu. Oke, langsung saja kita bahas satu per-satu search engine paling terkenal di jagat maya dan juga layanan apa saja yang ditawarkan search engine tersebut.

1. Google
Google dikenal mesin pencariannya yang handal. Google didirikan pada tahun 1998 oleh 2 orang mahasiswa Universitas Stanford. Google memiliki beberapa fitur dan aplikasi interaktif, seperti Google Maps, Gmail, Google Earth, serta yang paling beken di kalangan anak muda adalah YouTube. Google telah mengeluarkan robot (algoritma pencarian) yang diberi nama Google Hummingbird yang mana sangat sensitif. Apabila robot itu merasa ada suatu website melakukan kecurangan sedikit saja maka ia akan langsung mencoretnya dari indeks. Banyak website yang menerapkan teknik WhiteHat SEO pun ikut terdepak oleh Google Hummingbird. Atau jika tidak didepak, maka akan diturunkan peringkatnya pada SERP.

2. Yahoo
Yahoo didirikan lebih dulu daripada Google, yakni pada tahun 1994 meski baru resmi dipublikasikan tahun 1995. Situs ini lebih dikenal akan layanan e-mailnya (Yahoo Mail). Yahoo juga memiliki beberapa aplikasi yang cukup terkenal, misalnya aplikasi seperti jejaring sosial Yahoo! Koprol. Aplikasi ini diharapkan bisa menyaingi sosmed yang telah ada seperti Facebook dn Twitter, namun apa daya Yahoo! Koprol tidak laku dan baru tahun kemarin ditutup.

3. Bing
Sebelumnya mungkin anda pernah mendengar mesin pencari yang dipelopori oleh Microsoft Inc. Awalnya mereka mereka menciptakan Windows Live Search dan MSN. Nyatanya mesin pencari ini belum mampu memuaskan para penggunanya sehingga kemudian ditutup. Belajar dari pengalaman tersebut, mereka membuat search engine baru yang menggunakan teknologi mesin pencari sebelumnya sehingga lahirlah search engine Bing. Bing menawarkan beberapa fitur interaktif seperti Images untuk melakukan pencarian terhadap gambar, Video untuk melakukan pencarian video, Hotmail, dan masih banyak lainnya.

4. Baidu
Baidu merupakan mesin pencari yang didirikan oleh sebuah perusahaan di Cina pada tahun 2000. Sama seperti search engine lain, Baidu juga menawarkan beberapa fitur. Baidu Baike adalah aplikasi yang hampir sama dengan Wikipedia, ensiklopedia berbasis web. Baidu juga menawarkan pencarian terhadap gambar dan video. Kantor pusat baidu terletak di distrik Haidian, Beijing.



0 komentar :

Posting Komentar