Jumat, 09 Januari 2015

Australia Bantai Kuwait 4-1 Pada Pertandingan Pembuka Piala Asia 2015

Piala Asia 2015 baru saja digulirkan, pertandingan pembukan mempertemukan tuan rumah Australia menghadapi Kuwait. The Socceroos racikan Ange Postecoglou pun mendulang hasil maksimal pada laga perdana di grup A dengan membantai Kuwait 4-1 di Stadion Melbourne Rectangular, Jumat (9 januari 2015) petang WIB. Pemain senior Tim Cahill lagi-lagi mengawal koleganya untuk berpesta dengan gol penyama sebelum akhirnya Australia berpesta ke gawang Kuwait yang dikawal Hamed Youssef. Ini dia rangkuman pertandingan selengkapnya:

Babak Pertama
Tuan rumah Australia mengambil inisiatif serangan sejak peluit kick off dibunyikan, namun publik tuan rumah dibuat terhenyak dengan gol cepat pemain Kuwait, Hussain Fadhel dimenit ke-7. Menerima umpan dari sepak pojok, Hussain Fadhel menanduk bola yang kemudian tak bisa dihalau kiper Australia, Matthew Ryan, tuan rumah pun tertinggal 0-1. Dua puluh menit pertama Kuwait bermain dengan penuh konfidens menyusul gol cepat yang dilesakkan Fadhel. Sesekali Mathew Leckie dan Massimo Luongo jadi motor serangan Socceroos, namun lini belakang Kuwait tampil cukup solid.

Gol penyeimbang pun akhirnya datang untuk tuan rumah di menit 32'. Luongo yang menerobos ke kotak penalti lawan mampu mengirimkan umpan matang yang kemudian diselesaikan oleh Tim Cahill. Melbourne pun kembali bersorak. Terus memberikan tekanan, Australia pun akhirnya mampu membalik keadaan di penghujung paruh pertama. Tepatnya pada menit 44', Ivan Franjic mengirim bola ke kotak penalti dan Luongo yang berdiri di sana dengan cermat menaklukkan dua pemain lawan yang menempelnya untuk menyundul bola umpan Franjic. Tuan rumah pun mengakhiri babak pertama dengan keunggulan 2-1.

Babak Kedua
Usai turun minum, laga seakan menjadi milik tim Kangguru. Kedua sayap mereka Leckie dan Robbie Kruse aktif menusuk. Menit ke-58 Cahill nyaris mencetak gol keduanya namun Hamed Youssef mampu menepisnya dengan baik. Tekanan terus diberukan, dua menit kemudian Luongo memberikan umpan terobosan kepada Leckie yang diteruskan dengan sepakkan keras yang masih harus membentur mistar gawang.

Menit ke-62, tuan rumah kembali mencetak gol. Kali ini lewat titik penalti setelah Kruse dilanggar saat berniat menerobos pertahanan Kuwait. Mile Jedinak yang jadi algojo pun menjalankan tugasnya dengan sempurna, dengan tenang ia mengecoh Youssef. kedudukan berubah 3-1 untuk Cahill dkk. Tertinggal 2 gol Kuwait pun melakukan pergantian, Yousef Naser masuk menggantikan Aziz Mashaan. Begitu pula dengan Cahill yang mencetak gol penyama, digantikan oleh Tomi Juric. Menit 70', Kuwait menebar ancaman lewat Fahad Al Ebrahim, tapi Ryan kali ini sigap menepis tendangan jarak jauh dari Ebrahim.

Kruise yang tampil apik ditarik keluar menit ke-72 untuk digantikan Nathan Burns. Pemain berusia 26 tahun itu nyari mencetak gol keempat Australia, namun tandukan cantiknya usai menerima umpan James Troisi membentur mistar gawang. Bader Al Mutawa yang masuk menggantikan Khaled Al Qahtani cukup membawa energi baru untuk Kuwait, dua kali Mutawa mengancam gawang Aussie, pada menit 78' dan 82'. Tapi Ryan cukup baik mementahkannya.

Jelang peluit panjang dibunyikan, Troisi menutup pesta Australia dengan golnya di menit 90+1. Kemelut di kotak penalti Kuwait mampu dimanfaatkan pemain Zulte Waregem itu. Ini sekaligus gol kedua Troisi untuk Tim Kangguru dan laga berakhir 4-1.



0 komentar :

Posting Komentar