Senin, 12 Januari 2015

7 Tips Hemat Energi Untuk Laptop Anda

Apakah baterai laptop anda habis dalam waktu 3 jam saja? Sebaiknya anda tidak pasrah dengan durasi baterai notebook yang relatif singkat. Beberapa trik sederhana namun efektif dapat memperpanjang durasi operasi hingga 80%. Tips yang akan saya berikan ini pada prinsipnya dapat dilakukan pada laptop model apa saja. Bahkan jika anda lebih sering mengoperasikan laptop dari stop kontak, langkah-langkah berikut dapat menghemat biaya listrik. Pada artikel ini, saya juga akan menunjukkan bagaimana cara memperpanjang durasi baterai dengan men-charge dan menyimpan secara optimal.

1. Display (durasi baterai +5%)
Tips termudah adalah yang paling efektif. Kurangi cahaya latar belakang (backlight) karena lampu ini merupakan salah satu pemboros energi terbesar. Biasanya pengaturan ini dengan menekan tombol Fn+F4 pada keyboard laptop anda. Langkah ini dapat mengurangi konsumsi daya sebesar 4 watt. Secara keseluruhan, langkah ini menawarkan penghematan energi hingga 20%. Namun cara ini ada kekurangannya, pada sumber cahaya yang kuat, layar display yang gelap akan sulit dibaca. Seberapa jauh anda dapat mengurangi kecerahan display bergantung pada situasi dan kondisi cahaya lingkungan.

2. Hardisk (durasi baterai +5%)
Untuk menjaga konsumsi daya serendah mungkin, minimalkan akses ke harddisk. Pertama, uninstall semua program yang tak diperlukan. Kedua, defragmentasi hard disk secara teratur. Sekarang kita menunju energy setting. Disini saya sarankan untuk menggunakan mode slip pada harddisk. Saat notebook berada dalam kondisi standby, konsumsi dayanya hanya 1 watt. Dengan tools Notebook Hardware Control, anda dapat mengatur berbagai mode hemat energy, misalnya setelah berapa lama harddisk harus berpindah ke mode hemat standby. Dalam prakteknya, 10 menit adalah angka yang tepat. Sebaiknya tidak kurang dari 10 menit karena harddisk akan menjadi sering hidup-mati sehingga sangat mengurangi usianya. Anda dapat menghemat lebih banyak lagi dengan media penyimpanan SSD, memang harganya mahal, namun mampu mengurangi konsumsi daya hingga 5 watt. SSD baru biasanya kompatibel dengan semua model laptop umumnya.

3. WLAN (durasi baterai +10%)
Ke depan nanti, anda dapat berselancar di web kapan saja dan dimana saja. Memang masih perlu waktu hingga hotspot WLAN dapat menjangkau seluruh wilayah kota-kota besar di Indonesia. Namun sayangnya, notebook bertindak lebih agresif, ia terus mencari-cari jaringan gratis dengan daya maksimalnya sehingga menghabiskan energi baterai yang berharga. Rata-rata notebook menghabiskan daya 1,2 watt untuk mengaktifkan adaptor. Untuk transmisi, chipset WLAN yang umumnya diprogram dengan buruk menghabiskan lagi daya sekitar 3 watt. Untungnya, ada solusi yang sederhana dan efisien. Aktifkan modul internal WLAN hanya jika anda benar-benar membutuhkannya. Lebih baik gunakan koneksi kabel jika tersedia karena ia lebih cepat dan lebih hemat energi.

4. CPU (durasi baterai +25%)
Salah satu pemboros energi adalah CPU. Disini terdapat bermacam cara untuk mengurangi konsumsi daya, yang terbaik ada dua langkah. Pertama, Mengubah Energy-Setting CPU melalui Notebook Hardware Control. Klik CPU speed, biasanya terdapat mode "dynamic switching" adalah yang paling banyak menghemat energi. Disini, windows hanya menggunakan performa CPU sesuai kebutuhan sehingga durasi baterai bisa lebih panjang. Kemampuan penghematan ini telah dikuasai oleh hampir seluruh model CPU intel dan AMD yang umum. Pada intel fungsi ini disebut "speedstep" atau "dynamic switching", sedangkan pada AMD disebut "PowerNow!". Penghematan energi dibandingkan dengan setting maximum performance, dapat mencapai 10 watt. 

5. Grafik (durasi baterai +10%)
Pengguna solusi grafik on-board tak perlu repot. Dari sananya solusi memory-shared ini sudah irit energi, tetapi tidak menawarkan dukungan 3D untuk game. Laptop dengan graphic card performa tinggi dari Nvidia atau AMD Radeon dan performa 3D yang bagus memerlukan lebih banyak energi. Solusi ampuh dan sederhana untuk meghemat energi adalah dengan bantuan graphic driver khusus yang tersedia di alamat www.driverheaven.net. Dalam tab "graphic" notebook hardware control, anda dapat mengaktifkan opsi-opsi hemat energi. Pada Radeon namanya adalah "PowerPlay", sedangkan pada Nvidia disebut "Powermizer". Jika anda tidak menginstal game, matikan saja 3D-GPU.

6. Bluetooth (durasi baterai +2%)
Bluetooth sangat tepat untuk bertukar data dengan cepat antara perangkat ponsel dan notebook. Chip bluetooth sendiri pada umumnya sudah sangat cerdas sehingga ketika tidak digunakan hanya akan menambah konsumsi daya kurang dari 1%. Meski demikian, adaptor Bluetooth sering mencari-cari penerima sehingga menaikkan konsumsi daya pada notebook hingga 2 watt. Oleh sebab itu, aktifkan Bluetooth hanya ketika anda hendak mentransfer data saja. 

7. Kipas (durasi baterai +4%)
Biasanya, notebook mengendalikan kipasnya sendiri dengan tidak efisien dan memakai daya lebih banyak daripada yang diperlukan. Ada notebook tertentu yang dapat men-setting kecepatan putar kipas dari BIOS, namun ada juga yang tidak. Tool khusus dari web yang dirancang khusus untuk model laptop tertentu dapat membantu. Dengan tool ini, kecepatan putaran kipas dapat diatur sesuai kebutuhan.Tools membaca putaran kipas dengan berbagai sensor. Pengaturan putaran kipas ini memang hanya menghemat sedikit energi saja, tetapi sangat mengurangi tingkat kebisingan notebook. Silahkan kunjungi situs berikut untuk memperoleh Tools-nya: www.thinkwiki.org/wiki/ACPI_fan_control_script 



0 komentar :

Posting Komentar