Jumat, 30 Januari 2015

Berpose Duck-Face Pertanda Gangguan Psikologis

Seiring dengan makin canggihnya teknologi internet serta jejaring sosial seperti dewasa ini membuat banyak orang yang lebih leluasa mengunggah foto diri mereka ke internet. Namun, beberapa tahun terakhir ini, ada banyak foto-foto pribadi yang diunggah di internet dan beberapa di antaranya digunakan sebagai profil picture media sosial dengan pose wajah yang menggelikan. Mungkin bagi anda yang sering mengakses media sosial (medsos) seperti facebook, twitter dan lain sebagainya, acapkali menjumpai gambar seorang berfoto dengan mulut maju atau monyong atau lebih dikenal dengan nama "duck-face". Jujur saja saya pribadi enek banget liat orang yang foto duck-face, terlebih lagi jika yang duck-face tersebut adalah cewek. Tapi kalian pada tau belum sih, menurut penelitian yang dilakukan, duck face merupakan salah satu gangguan psikologis. 

Duck-face atau memajukan bibir ketika foto sangat marak digunakan sebagai pose oleh banyak orang, khususnya cewek dan para alayer. Menurut diskusi di beberapa forum bebas di internet, fenomena foto duck-face ini terjadi di banyak negara. Ada bermacam alasan kenapa mengambil foto diri dengan pose duck face. Alasan-alasan tersebut antara lain, ingin terlihat seksi, terlihat lucu, hanya sekadar iseng atau tidak serius bahkan merupakan salah satu cara untuk memanipulasi angle dan memunculkan sisi tirus pada wajah yang pada aslinya berukuran melebar atau gemuk.

Menurut sebuah penelitian psikologi menyatakan bahwa orang-orang yang mengambil foto diri dengan memajukan bibir termasuk mengalami gangguan psikologis. Gejala psikologis yang dimaksud adalah kurangnya rasa percaya diri akan wajah dan tubuh yang dimiliki. Dengan cara berpose duck face maka mereka akan berada dalam posisi yang aman akan komentar dan penilaian orang lain yang melihat foto tersebut. Selain itu juga menuliskan bahwa dengan berpose seperti itu, maka yang bersangkutan ingin terlihat atraktif, namun sebenarnya tidak ada sisi atraktif yang muncul dari foto dengan pose seperti itu. Bahkan, dengan berpose duck face tersebut, orang yang bersangkutan akan terlihat sangat menggelikan. 
Namun diakui atau tidak, pose seperti ini seperti sudah menjamur khususnya di kalangan anak muda yang gemar mengunggah foto diri mereka di blog atau account jejaring sosialnya. Dengan mengambil angle sedikit ke atas, wajah dibuat sedikit memelas, mulut dimajukan, maka satu foto dengan pose duck-face pun berhasil diabadikan. Yakinlah, Anda tidak akan terlihat lucu, menggemaskan atau keren ketika berfoto dengan pose duck face. Berfotolah dengan wajar karena Gusti Allah telah menciptakan wajah anda sedemikian sempurnanya. Lantas, apakah anda pernah mengambil foto dengan pose duck-face? Atau menemukan foto-foto seperti ini di internet? Ungkapkan pendapatmu tentang fenomena ini.



0 komentar :

Posting Komentar