Sabtu, 21 Februari 2015

Makna Label 80+ Pada Power Supply Komputer Anda

Power Supply Unit (PSU) adalah sebagaimana kita ketahui adalah komponen vital dalam PC. Sering kali kita menemui sebuah tulisan seperti Power Supply Brand A 500w 80+ Bronze, 500w 80+ Silver dsb. Beberapa dari anda, mungkin bertanya apa itu arti 80+ tersebut serta apa maksud dari pewarnaan silver, bronze, gold dsb., dimana sekarang banyak Power Supply dengan label 80+ yang bertebaran di pasaran. Berikut saya akan menjelaskan tentang Tentang makna dari Efisiensi 80+ yang ada dalam Power Supply PC.

Maksud dari 80+ adalah tingkat efisiensi dari Power Supply tersebut. Power Supply berkerja layaknya konverter, yaitu merubah arus listrik besar AC yang ada pada PLN, menjadi arus listrik kecil DC yang digunakan pada komponen PC kita. Untuk standartnya PSU membuang beberapa watt dan diubahnya menjadi panas. Contoh PSU 500w standart dengan efisiensi 60% dengan spesifikasi PC memakan daya sekitar 200w. PSU akan menyedot daya 500 watt, dimana sebanyak 200 watt diubah menjadi panas. Nah untuk PSU 500w dengan 80+ (80% efisiensi) hanya menyedot 360w dengan 160w yang terbuang menjadi kalor. Ini berdampak kepada panas yang lebih rendah serta penggunaan listrik yang lebih hemat.

Untuk hal tersebut, dibuatlah standar sertifikasi 80+. Standar ini dikelola oleh organisasi bernama Ecos Consulting bertujuan agar membuat Power Supply bisa memberikan apa yang dimaksud efisiensi dengan tujuan untuk bisa memberikan efisiensi mendekati 100% dari yang dijanjikan. Selain itu juga dikarenakan untuk menghadirkan efisiensi ini harus membutuhkan komponen yang bagus, maka secara tidak langsung label 80+ membuat produsen Power Supply meningkatkan kualitas komponen yang ada didalamnya. Produsen tidak sembarangan dalam menjudge 80+ ini, karena harus memenuhi sertifikat dari lembaga terkait untuk bisa mendapatkan label tersebut. Untuk level dari efisiensi ini dibagi menjadi beberapa level, yaitu Bronze, Silver, Gold, Platinum, Titanium.
Anda bisa lihat diatas, semakin tinggi kelasnya. Maka akan semakin besar daya hasil yang dikonversi mendekati 100%. Untuk Bronze biasa digunakan di Power Supply kelas low-end, sedangkan untuk Silver untuk kelas menengah, Gold untuk high-end serta Platinum dan Titanium untuk kelas antusias.

Apakah hanya itu saja? tidak. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya. Sertifikat ini juga memaksa produsen Power Supply meningkatkan kualitasnya. Sebagai contoh adalah sebagai berikut:
Komponen kapasitor dari FSP Raider 80+ Bronze memakai buatan Teapo

 Komponen kapasitor dari FSP Aurum 80+ Gold memakai buatan Rubycon

Gambar diatas adalah perbandingan dari bagian komponen Power Supply, saya tidak menjelaskan satu-persatu, anda hanya cukup terfokus ke kapasitor besar. Kapasitor yang besar ini adalah salah satu komponen penting di bagian primary side dari board PSU. Anda bisa lihat untuk Bronze, memakai kapasitor buatan Teapo asal taiwan dengan rating 85˚C sedangkan Gold memakai Caps buatan Rubicon asal Jepang dengan rating 105˚C
IC proteksi khusus rancangan FSP bernama FSP MIA IC

Caps buatan Rubicon bisa tahan lebih baik di suhu yang lebih tinggi dengan kinerja pengurangan noise yang lebih baik. Selain itu, untuk Gold memakai IC proteksi khusus rancangan FSP bernama FSP MIA IC, sedangkan Bronze memakai IC standart rancangan pihak ketiga. IC rancangan FSP sendiri memberikan perlindungan lebih baik.



0 komentar :

Posting Komentar