Jumat, 30 Agustus 2019

Srikaya Biriba, Srikaya Unik Setengah Sirsak

Buah Srikaya Biriba Rollinia Deliciosa
Ngomong-ngomong soal buah-buahan, ada buah srikaya unik yang saya kira anda juga akan tertarik untuk menanamnya. Buah srikaya berbentuk setengah sirsak yang satu ini konon rasanya lezat, manis, lembut dan tidak semasam sirsak. Selain itu juga tanaman ini gampang dibudidayakan di pekarangan rumah, pohonnya juga tidak terlalu tinggi. Buah ini memiliki nama latin "Rollinia Deliciosa" atau lebih dikenal dengan nama srikaya biriba, atau orang sering menyebutnya dengan srikaya nanas. Ukuran buah srikaya nanas tiga kali lebih besar daripada ukuran srikaya pada umumnya dengan berat hampir mencapai 2 kg/buah. Hal inilah yang membuat buah ini mendapat julukan sebagai Srikaya Raksasa.

Ciri Fisik dan Karakteristik Tanaman
Buah biriba (Rollinia deliciosa) merupakan species tanaman custard apple, famili Annonaceae yang berasal dari Amerika Selatan bagian tropis. Tanaman ini dibudidayakan khusus untuk dimambil buahnya, yang dikenal sebagai buah biriba. Pohon biriba cepat tumbuhnya, suka sinar mahtahari, toleran terhadap banjir, tinggi tanaman bisa 4 sampai 8 meter. Buah biriba berbentuk kerucut atau bundar, berukuran besar (berat 1 sampai hampir 2 kg tiga kali lebih besar daripada srikaya biasa sehingga disebut juga srikaya raksasa), berwarna hijau ketika muda dan akan berwarna kuning ketika matang. Permukaan buah ditutupi duri lunak yang dapat rusak atau memar ketika diangkut atau dipegang tidak dengan hati-hati.
Keunikan lain dari srikaya jenis ini adalah meskipun memiliki buah berukuran besar, di dalam buahnya hanya terdapat sedikit biji sehingga lebih memuaskan bagi penikmat buah srikaya. Selain dapat dikonsumsi secara langsung, buah ini juga dapat diolah menjadi dessert, jus, dan campuran es krim. Tanaman buah yang memiliki nama ilmiah Rollinia Deliciosa ini sangat cocok ditanam pada daerah dataran rendah dan daerah dataran tinggi. Pohon dari tanaman ini dapat tumbuh mencapai tinggi 10 meter dan tahan terhadap genangan air.
Daunnya berbentuk menyirip dengan ukuran panjang mencapai 15 cm. Jika dirawat dengan baik, pohon srikaya nanas akan mulai berbuah saat sudah berumur 3 tahun setelah penanaman. Perawatan tanaman srikaya nanas juga tergolong mudah. Penyiraman dilakukan setiap 1 kali sehari (pagi hari) tergantung pada kondisi cuaca. Untuk pemupukan dapat dilakukan setiap 2 bulan sekali menggunakan pupuk NPK yang ditabur di sekitar tanaman. Jangan lupa juga untuk melakukan pembersihan gulma (tanaman penggangu) yang tumbuh di sekitar tanaman.

Manfaat
Selain perawatannya yang mudah, srikaya nanas juga termasuk kedalam jenis tanaman yang bersifat genjah (mudah berbuah). Dalam setahun, satu pohon srikaya jenis ini bisa dipanen hingga 2-3 kali dengan produktifitas buah sekitar 90-100 buah/pohon. Selain bentuknya yang unik, buah srikaya nanas juga kaya akan kandungan gizi seperti vitamin C, vitamin E, potassium dan magnesium. Mengkonsumsi buah ini secara rutin dipercaya mampu memberikan berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Seperti:
  • Menurunkan kolesterol tinggi.
  • Melancarkan saluran pencernaan.
  • Mencegah asma.
  • Menurunkan hipertensi.
  • Mencegah penyakit jantung dan stroke.
  • Menjaga kesehatan tulang dan gigi.
  • Mencegah penuaan dini.
  • Mempercepat proses penyembuhan luka.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Baik untuk kesehatan mata.
Bibit Pohon Tanaman Buah Srikaya Nanas Biriba
Klasifikasi dan Perawatan Tanaman
Nama ilmiah : Rollinia Deliciosa.
Asal daerah : Amerika Selatan.
Asal bibit : Okulasi / cangkok / biji
Tinggi pohon : 4 – 9 meter.
Rekomendasi dataran : Dataran rendah dan dataran tinggi
Kebutuhan sinar matahari : Secukupnya, minimal 6-8 jam/hari
Waktu berbuah : Mulai berbuah saat sudah berumur 3 tahun
Meida tanam : Ditanam pada tanah yang subur dan gembur
Tipe pertumbuhan : Tegak

0 komentar :

Posting Komentar