Selasa, 27 Agustus 2019

Rekomendasi Speaker Terbaik Di bawah 1 Juta (Tahun 2019)

Memilih speaker multimedia untuk komputer itu sebenarnya gampang-gampang susah, sesuaikan saja dengan anggaran yang ada. Tiap produk pasti memiliki sisi plus dan juga minus, jadi jarang ada speaker yang sempurna 100 persen. Anda pastinya sering bingung dan galau jika hendak membeli speaker yang bagus, sebab akan ada banyak pertimbangan selain masalah budget. Nah, kali ini saya akan memberikan rekomendasi speker multimedia dengan harga 700.000 hingga 1 juta. Dijamin kualitasnya tidak akan mengecewakan anda.

Apa saja sih speaker multimedia yang layak untuk di beli di kisaran rentang harga 1 juta ke bawah? Saya akan berikan uraian singkat speaker-speaker terbaik di kisaran harga tersebut. Urutan yang terbaik adalah dari urutan nomor 1. 

1. Thonet & Vander Grub 2.1
Ini dia jawara spekae multimedia 2.1 dari pabrikan T&V Jerman. Dengan mengusung konsep retro, spekaer ini memiliki kinerja yang ciamik, detil suara juga bagus, staging cukup luas serta hentakan bass yang sangat mantap, dilengkapi juga dengan tweeter yang mumpuni. Pokoknya speaker ini nyaris sempurna. Dengan daya 48 watt RMS saya kira ini cukup besar untuk digunakan di kamar anda. Hampir tidak ada sisi minus dari speaker ini, saya jamin anda tidak akan menyesal untuk memboyongnya.
Speaker T&V Thonet & Vander Grub 2.1
Overall, suara thonet & vander .grub (retro edition) ini jauh dari apa yang bisa dikeluarkan oleh (katakanlah) Sonic Gear Titan 5. Treble dan mid yang dapat dengan akurat menjalankan tugasnya dan dibekali dengan bass yang nendangnya bikin getar dada. Walaupun memang sedikit memiliki kekurangan pada frekuensi rendah, tetap saya rekomendasikan speaker ini kepada semua orang yang ini mencari speaker harga 1 jutaan namun memiliki kualitas yang sangat baik.

Rating: 83%
Harga: Rp. 1 juta

2. Edifier XM6PF
Impresi awal dengar lagu dengan XM6PF adalah jernih. Musik terdengar open, agak bright tapi terasa lepas tanpa kesan menusuk. Gw coba dengar lagi baik-baik, ketahuan kalau karakternya adalah lembut. Buat musik ballad, slow, dan vokal, enak banget. Mayoritas lagu pop juga mengalir dengan indah. Kabar baiknya, tweeter pada unit satelit adalah driver beneran, bukan hiasan doang. Kekurangan dari speaker ini baru terlihat (atau terdengar) ketika diputarkan lagu rock atau lagu dengan dinamika tinggi.
Speaker 2.1 Edifier XM6PF
Karakter lembut ini juga sampai ke sektor low alias bassnya. Subwoofernya ini bertenaga, dan bisa dibilang membahana, juga cukup bisa untuk main rendah (sub bass), tapi tendangannya kadang terasa agak kurang. Semakin terasa ketika dicoba dengan film yang penuh dengan aksi tembakan dan ledakan. Ada greget yang kurang. Untungnya kalau mau ajeb-ajeb sih masih enak karena kontrolnya baik, dan cukup gesit. Tenaga total 48W mungkin terlihat kecil secara angka, tapi percayalah, untuk ukuran kamar standar, lebih dari cukup. Bahkan kalau mau taruh di ruang keluarga dijamin sangat cukup tenaganya.

Untuk ukuran speaker multimedia, Edifier XM6PF menghadirkan solusi audio yang menarik terutama untuk pengguna PC karena mayoritas target speaker multimedia adalah pengguna PC.

Rating: 81%
Harga: Rp. 900.000

3. SonicGear Armaggeddon A3
Merk yang dimiliki oleh LeapFrog Global Singapura ini bisa dibilang best budget jika dilihat dari harga dan spesifikasi kebanyakan speakernya yang beredar dipasaran. Jika dibandingkan dengan Simbadda speaker keluaran merk ini rata-rata memiliki suara yang lebih memukau terutama bass-nya yang khas serta kualitas finishing yang lebih baik. Salah satu seri dari merk ini adalah Armageddon A3 yang mana harganya sangat terjangkau di kantong, selain itu juga daya speaker ini tidak terlalu besar, yakni sebesar 46 watt.
Spekaer SonicGear Armaggeddon A3
Bentuk subwoofer yang terkesan sederhana dengan dihiasi led berwarna oranye disekitar grill membrannya dan terdapat kontrol volume, bass dan treble pada bagian kiri bawah, untuk interkoneknya terdapat dua pasang interkonek rca yang digunakan untuk input maupun output speaker. Sedangkan satelit speaker yang menghadap kedepan terkesan lebih bagus dari subwoofernya serta mencerminkan power yang dibawa speaker tersebut, pada setiap satelit terdapat sebuah driver middle dan sebuah driver tweeter yang dihiasi dengan grill berbentuk bulat.

Dalam pengujian yang saya lakukan menggunakan soundcard laptop dan kabel interkonek bawaannya, didapatkan suara dengan karakter warm bright dengan rincian separasi lumayan, staging luas, bass boomy tapi mantap, detail lumayan, dan treble cenderung menusuk. Bagi beberapa orang yang tidak menyukai treble menusuk bisa mengurangi volume treble-nya. Secara keseluruhan suara yang dihasilkan bagus untuk hampir sebagian besar genre musik.

Rating: 78%
Harga: Rp. 680.000

4. Edifier R1280T
Kalau anda mencari speaker dengan konfigurasi 2.0 atau sering disebut juga bookshelf, makan Edifier R1280T layak anda pertimbangkan. Ada beberapa orang yang berpendapat speaker 2.0 sangat cocok untuk mengengarkan musik-musik akustik dan juga jazz. Memang bass dari spekaer jenis 2.0 tidak se-menggelegar spekaer 2.1, namun saya yakin dengan daya 40 watt RMS dijamin anda puas mendengarkan bass-nya.
Speaker 2.0 Edifier R1280T Bookshelf
Karakter dari speaker Edifier ini tergolong bright, suara jelas dan cetar, namun bass agak kurang dentumannya, maklum ini adalah speaker 2.0. Tidak semua orang butuh speaker dengan bass yang menggelegar. Namun speaker memiliki staging yang bagus dan kualitas suara yang dihasilkan sangat jernih. Anda serasa mendengar penyanyi aslinya sedang bernyanyi di hadapan anda.

Rating: 77%
Harga: 950.000

5. Logitech Z333
Ini dia produk dari perusahaan ternama, logitech yang berbasis di Eropa. Reputasi dan kredibilitas pabrikan ini tak usah diragukan lagi, pengalamannya sudah puluhan tahun di bidang periferal PC & speaker. Spekaer logitech Z333 adalah spekaer yang cukup mumpuni untuk aktivitas multimedia di kamar anda, dengan daya 40 watt RMS sudah cukup besar untuk penggunaan di ruangan kamar. Bentuknya cukup simple namun terlihat elegan dan solid adalah nilai plus dari speaker ini.
Speaker Logitech Z333
Kualitas dan detil suara yang cukup prima adalah ciri khas logitech, dentuman bass pun cukup oke dan lumayan bertenaga. Separasi pun cukup baik, hanya saja ada satu kekurangan yang menurut saya cukup kentara yaitu, untuk suara-suara yang tinggi sekali (ultra-treble) sepertinya sengaja diredam oleh speaker ini. Sehingga saya mendengar treble yang sangat tinggi di speaker ini terasa mendem. Namun secara overall saya kira speker ini layak untuk anda beli.

Rating: 76%
Harga: Rp. 770.000

6. Edifier M1386
Jika anda memerlukan speaker yang tidak memakan tempat dan daya kecil untuk multimedia kamar anda, saya rasa Edifier M1386 adalah pilihan yang tepat. Dengan daya hanya 30 watt RMS, tagihan listrik anda tidak akan jebol. Speaker ini berbentuk kotak compact dan satelitnya yang menghadap sedikit keatas, serta subwoofer yang berbentuk kotak dengan drivernya yang tertutup kesing membuat membran aman dari gangguan benda asing.
Speaker Edifier M1386
Kontrol volume suara pada speaker ini terletak pada pod kontrol dimana terdapat enam tombol, 3 untuk mengatur suara, 1 untuk mode input, dan 2 untuk mengganti channel radio atau musik. Untuk kontrol bass terdapat knob pada bagian samping subwoofer yang sekaligus terdapat tombol untuk menyalakan dan mematikan speaker. Sementara untuk kontrol treble tidak ada. Speaker ini memiliki fitur dasar yang dimiliki speaker kebanyakan di pasaran, ditambah fitur input melalui usb dan sd card. Serta radio untuk menghibur kita dikala sudah bosan dengan koleksi musik yang ada.

Dalam pengujian yang saya lakukan menggunakan soundcard laptop maupun DAC, didapatkan suara yang hampir sama, dengan karakter suara natural, staging luas, deep bass tapi kurang mantap untuk basshead, detail bagus, dan treble mantap. Kualitas kabel interkonek bawaan Edifier sangat bagus meskipun menempel di subwoofer. Speaker ini lebih cocok untuk memutar musik akustik.

Rating: 75%
Harga: Rp. 925.000

7. Microlab TMN-9U
Speaker Microlab TMN-9U, merupakan speaker 2.1 yang sangat bertenaga serta menggunakan bahan dasar kayu yang sangat berkualitas, sehingga menghasilkan suara yang berkelas. Bahan material dari kayu juga menambah nilai estetika dan membuat desain speaker MICROLAB TMN-9U ini terlihat lebih elegan. Terdapat input USB dan SD card sebagai player multimedia dimana Anda dapat memainkan file musik atau lagu secara langsung dari flashdisk / SD Card.
Speaker Microlab TMN-9U Multimedia 2.1
Speaker Microlab TMN-9U memiliki total output power hingga 40W, dengan masing – masing speaker satellite memiliki daya 12W dan subwoofer sebesar 16W dengan rentang frekuensi 35 Hz – 20 kHz. Kedua satellite dilengkapi dengan pelindung magnetic sehingga aman diletakkan di sebelah TV atau monitor tanpa menimbulkan gangguan pada layar. Selain untuk menikmati lagu favorit, speaker ini juga cocok untuk kebutuhan home theater dalam menikmati film atau bermain game serta menunjang kebutuhan kantor dalam presentasi audio visual.

Satu kelemahan dari speaker ini adalah kualitas suara treble yang dirasa kurang menggigit, tweeter pada speker ini pun nampak kurang impresif, masih "malu-malu" untuk mengeluarkan suaranya. Namun dengan harga yang sangat terjangkau saya kira speaker ini layak untuk anda boyong.

Rating: 74%
Harga: Rp. 650.000

8. Altec Lansing VS2621
Speaker Altec Lansing VS2621 ini cocok untuk orang yang mencari speaker dengan desain keren dan tidak memakan banyak tempat, dengan kualitas suara yang bagus dan harga yang sangat terjangkau. Speaker Altec Lansing selalu memiliki desain yang nyentrik, bentuk satelitnya yang agak sedikit menghadap keatas dapat menghantarkan suara langsung ke telinga kita, serta subwoofer yang menghadap ke samping nantinya akan memberikan frequensi rendah yang lebih terasa. Tombol untuk kontrol volume suara pada speaker ini terletak pada salah satu satelit speaker yang terdapat led indikator. Untuk kontrol bass dan treble tidak ada dan diganti oleh knob tone kontrol yang digunakan untuk menaikkan maupun menurunkan kombinasi antara bass dan treble .
Altec Lansing VS2621 Spekaer Multimedia 2.1
Speaker ini berbahan plastik pada dua satelitnya. Meskipun begitu kualitas dari plastik yang digunakan bagus, dudukan subwoofer kayu yang terbuat dari plastik menambah kualitas bass menjadi lebih tajam. Untuk kabel interkonek bawaan Altec tertanam dalam speaker sehingga apabila terjadi kerusakan harus membongkar speaker terlebih dahulu, meskipun begitu ada jack tambahan yang dapat digunakan. 

Dalam pengujian yang saya lakukan menggunakan soundcard laptop maupun DAC, didapatkan suara yang kurang lebih sama, dengan karakter suara warm, staging luas, bass diatas speaker seharganya, detail lumayan, dan treble mantap.

Rating: 72%
Harga: Rp. 675.000

0 komentar :

Posting Komentar