Rabu, 28 Agustus 2019

Review: Cougar MG110-W, Casing Minimalis Nan Elegan

Cougar MG110-W
Casing PC jaman sekarang pada umumnya sudah pada menggunakan RGB LED, tentunya ini hal yang diharapkan bagi penggemar PC blink-blink, namun ada sebagian pengguna PC yang tidak suka dengan case yang berkilau LED RGB, mereka menginginkan casing yang simpel namun tetap elegan. Karena bagi mereka case dengan RGB LED dianggap norak dan juga cahayanya menusuk mata. Jika anda orang yang menginginkan case PC yang elegan tanpa blink-blink lampu LED, maka cougar MG110-W adalah jawabannya. Ada 2 varian dari case ini, MG110 tanpa jendela kaca dan juga MG110-W dengan jendela kaca.

Cougar MG110-W sudah beredar di pasaran sejak beebrapa tahun silam, anda bisa mendapatkannya dengan merogoh kocek sekitar 500 ribu saja di e-commerce nasional. Impresi pertama ketika saya melihat case ini adalah kesan elegan dan minimalis, namun memiliki build quality yang cukup bagus untuk case PC di kelasnya (semisal jika dibandingkan dengan Armaggeddon Nanotron T1x). Secara fitur casing ini tidak ada yang istimewa, hanya ada fitur standar saja. Walau begitu, saya jamin anda tidak akan menyesal memboyong casing ini, anda tidak akan menemui kendala saat merakit PC anda, sebab Cougar telah mendesain casing ini dengan matang, baik dari ukuran / dimensi, penempatan maupun cable management-nya.

Fitur dan Spesifikasi
Berdasarkan informasi yang saya dapat dari situs resminya, berikut fitur dan spesifikasi lengkap dari Cougar MG110-W, sebagai berikut:
Tabel Spesifikasi Teknis Cougar MG110-W PC Case
Casing ini cuma mendukung motherboard dengan faktor bentuk micro-ATX dan juga mini-ITX saja, yang menarik adalah adanya sebuah slot drive bay 5,25". Secara ukuran, dimensi casing ini tergolong kompak yaitu (lebar x tinggi x pajang) = 18,8 x 37,8 x 41,1 (cm). Ketebalan casing tergolong sedang, sedikit lebih baik dibanding Armaggeddon nanotron T1x.

Paket Penjualan
Ketika pertama kali mendapati unit ini, box yang diberikan sangat baik. Cukup terlihat jelas produk casing tersebut pada box dan juga informasi yang diberikan. Ukurannya tidak bisa dibilang kecil, malah hampir sebesar casing-casing kelas value pada umumnya. Tidak butuh waktu lama, setelah saya membuka boxnya, selain casing hanya terdapat beberapa baut tambahan yang diberikan.

Kemudian pada casing ini sudah dibekali dengan sebuah kipas 12 cm yang cukup heninig di bagian exhaust belakang. Padahal banyak case kelas value yang tidak menyertakan satupun fan bawaan. 

Tampilan dan Desain
Case Cougar MG110-W tampak samping dalam
Dari segi desain, penampilan Cougar MG110-W terbilang elegan namun tetap dengan dimensi yang kompak. Dengan garis kotak nan tegas seakan mencitrakan casing ini adalah casing minimalis, dan warna hitam tidak mengkilap juga menambah kesan gaming yang cukup angker pada produk ini. Pada panel depan sih standar saja, ada sebuah mic dan headphone, tombol power dan reset, slot USB 2.0 dan USB 3.0 serta lampu indikator. 

Melongok ke bagian dalam casing, sudah terlihat jelas dukungan bentuk mobo yang bisa diasang, yakni micro-ATX dan mini-ITX.Sirkulasi udara pun dirancang dengan baik, maksimal bisa dipasang 5 buah kipas (2 di depan, 2 di atas dan 1 di belakang). Case ini juga mendukung water-cooling dengan ukuran 120 mm (belakang) atau 240 mm (depan).

Instalasi
Case Cougar MG110-W bagian dalam sampingPemasangan komponen PC dirasa sangat mudah dengan tool-less, termasuk pada bagian HDD. Tingkat presisi pun cuikup bagus, tidak ada kendala saat memasang semua komponen PC pada casing ini. Manajemen kabel pun terasa cukup baik, meskipun tidak terlalu memiliki space yang luas. Disarankan untuk memakai PSU dengan kabel modular atau semi-modular agar lebih baik dalam pemasangan kabelnya. Ada satu kekurangan yang saya rasakan, yaitu tidak adanya dust filter di bagian atas casing, biasanya produsen lain memberikan dust filter bermagnet untuk melindungi grill bagian atas casing dari debu.

Pemasangan kartu grafis dengan panjang 30-an cm pun bisa muat di casing ini, sungguh luar biasa. Untuk HSF maksimal mentok panjanya 15 cm, ini saya rasa cukup baik. Tipe power supply pada casing ini adalah power supply standar ATX (power supply yang umum untuk pasar PC kebanyakan).

Kesimpulan
Case kelas value ini cukup bagus dalam hal dimensi kompak dan fitur yang disuguhkannya. Kesan elegan dan simpel adalah nilai plus dari casing ini, selain itu juga dapat memuat VGA klas berat di dalamnya. Satu lagi yang bagus adalah tersedianya drive bay 3.5" pada case ini, sehingga anda tak perlu khawatir jika ingin melengkapi PC anda dengan DVD drive maupun bluray drive. Kabel management yang rapi dan juga sirkulasi udara yang baik menjadikan PC ini layak untuk anda miliki. 
Cougar MG110-W nampak belakang




















Disamping kelebihan, ada juga sedikit kekurangan pada case ini, yaitu tidak adanya dust filter pada grill bagian atas casing. Dengan harga yang bersahabat (Rp. 500.000,-) saya rasa casing ini telah memberikan daya tawar yang bagus jika anda ingin sebuah casing yang kompak dengan build quality kelas menengah, namun tanpa blink-blink RGB LED.

0 komentar :

Posting Komentar