Selasa, 20 Agustus 2019

Boram, Encoder Video AV1 Lintas-Platform Gratisan

Setahun yang lalu format video AV1 resmi diluncurkan, kualitas video yang sangat jernih dan ukuran file yang mampat menjadi kelebihan format video AV1 ini. Belum banyak orang yang memakai codec AV1 di internet, masih ada berbagai kendala dalam pemanfaatan coden terbaru ini, misalnya saja kebutuhan hardware yang cukup berat, apalagi bagi platform mobile (seperti gadet, smartphone atau tablet). Namun meskipun begitu, codec ini saya yakini akan menjadi codec yang bakalan banyak dipake di beberapa tahun mendatang.

Oleh sebab itu mulai saat ini kita harus bersiap-siap untuk menyambut format video yang ultra-efisien ini. Tapi, apakah sudah ada software yang bisa meng-encode video AV1, karena sejauh ini para developer software baru mendukung format AVC, VP9 dan HEVC? Memang sih, baru sedikit sekali developer software yang men-support codec video AV1, salah satunya adalah Boram.

Boram adalah software untuk encode, konversi, dan editing video AV1, selain AV1 juga mendukung format lainya, seperti: HEVC, VP9 dan codec audio AAC serta Opus. Boram sepertinya merupakan proyek individu yang dikerjakan dengan basis webm.py, phyton dan ffmpeg, namun Boram sudah dilengkapi dengan GUI yang cukup bisa digunakan oleh kalangan semi-profesional. Walaupun tampilannya belum ramah bagi orang awam, karena ada beebrapa settingan yang harus memakai command-line, namun saya rasa untuk sekedar konversi video cukup mudah digunakan oleh orang awam sekalipun. Anda hanya perlu jam terbang dan perbandingan dari beberapa hasil encoding yang sudah anda lakukan hingga menemukan setelan terbaik. 

Boram adalah opensource dan juga freeware, jadi anda bisa dapatkan secara gratisan. Mendukung platform windows, Linux dan MacOS. Berikut ini adalah antar-muka pengguna Boram versi 0.5.6

Nah, bagi kamu yang ingin mengunduh softrawe Boram versi terbaru, silahkan klik pada tautan berikut ini, download Boram v0.5.6

0 komentar :

Posting Komentar