Minggu, 23 September 2018

Panduan Memilih Lampu LED Yang Tepat Untuk Rumah

Tak terasa sudah hampir 2 tahun rumah saya menggunakan lampu LED untuk penerangannya. Sebelumnya saya memakai lampu neon flour, namun berhubung saya tertarik untuk berhemat dalam biaya listrik maka saya pun mencoba menggunakan lampu LED. Saya akhirnya membeli sejumlah lampu LED merk Philips dan Panasonic melalu situs marketplace online. Harganya pun 20% lebih murah daripada jika kita membeli di toko (offline) atau toserba, apalagi jika sedang ada diskon / cashback. 

Apa Merk Lampu LED Yang Bagus?
Ada beberapa merk yang saya rekomendasikan sebagai pilihan, yang pertama tentu saja merk CRE asal amrik, ini yang paling bagus dan efisien, namun jarang ada di sini yang menjualnya dan harganya pun selangit. Maka saya rekomendasikan merk Philips, Panasonic dan Hannoch yang layak untuk anda beli. Harganya pun relatif terjangkau bagi kantong masyarakat umum dan kualitasnya juga OK. Pilih saja yang nyalanya warna putih (biasanya ada kode 6500k/cool daylight yang artinya nyala cahaya putih).
Lampu LED Merk Philips
Pemilihan Daya Lampu LED yang Tepat
Namun, bukan hal yang sederhana untuk menentukan kebutuhan penerangan dan daya lampu LED di rumah kita. Oleh sebab itu saya yang sudah mencobanya akan membagikan pengalaman saya dalam memilih daya lampu yang tepat untuk penerangan ruangan di rumah. Sehingga nantinya tidak terlalu terang dan juga tidak terlalu redup. Berikut saya jabarkan:
  • Untuk ruangan kamar ukuran 2,75m x 3m atau 3mx3m bisa kita berikan lampu LED dengan daya 3 watt, hal ini agar kita tidak silau saat akan tidur. Namun jika kamar tersebut anda gunakan untuk membaja/belajar maka bisa anda pilih lampu LED dengan daya 4 watt.
  • Kamar mandi (ukuran 2m x 2,5m): untuk ruangan ini cukup diberi lampu LED dengan daya 3 watt. Kan di kamar mandi gak perlu pencahayaan yang terang, sebab ruangannya juga kecil.
  • Teras depan rumah: bisa anda pilih penerangan lampu dengan daya 3 watt atau 4 watt. Ini sudah cukup terang lho.
  • Ruang tamu (ukuran 6m x 3m): bisa anda pilih lampu LED dengan daya 6,5 watt
  • Ruang keluarga: biasanya ukuran ruang keluarga adalah 6m x 3m atau 5m x 4m. Ini juga bisa kita beri penerangan dengan daya 6,5 watt ataupun 8 wattss sesuai selera saja.
  • Dapur: ruangan dapur umumnya berukuran 3m x 3m, agar masakan anda tidak gosong ada baiknya diberi penerangan dengan daya 4 watt.
  • Ruang Sholat: untuk ruangan ini ukuran di rumah saya adalah 3m x 2,75 m, saya berikan penerangan lampu LED degan daya 4 watt, sebab ruangan ini biasanya juga digunakan untuk membaca alqur'an, jadi biar agak terang.
Nah itu dia, panduan dalam memilih daya lampu LED yang tepat bagi rumah. Semoga dengan artikel ini dapat memberikan manfaat bagi anda semua para Netizen. Sampai jumpa di artikel berikutnya ya.

0 komentar :

Posting Komentar